TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kota Bima Diguncang Gempa M 5,6 

Gempa tak berpotensi Tsunami

potret kota Bima (bimakota.go.id)

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa berkekuatan magnitudo 5,6 di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada pukul 15.40 WIB lalu.

Gempabumi itu terletak pada koordinat 7,84° LS ; 118,74° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 67 Km arah Timur Laut Kota Bima, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 30 km.

Baca Juga: Cerita Relawan Baznas Berjuang Melawan Dingin Bantu Korban Gempa Turki

1. Gempabumi di Kota Bima disebabkan aktivitas sesar naik

Dikutip dari keterangan resmi BMKG, Minggu (2/4/2023), BMKG menyatakan gempa tersebut disebabkan aktivitas esar Naik Busur Belakang Flores (Flores Back Arc Thrust).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar-naik (oblique thrust).

2. Getaran dirasakan di dalam rumah

Gempa itu terasa di di daerah Bima dengan skala intensitas III - IV MMI. Artinya, terasa getaran nyata di dalam rumah seperti truk yang melintas.

Gempabumi juga berdampak sampai daerah Gowa, Makassar, Dompu, Sumbawa Besar, Sumbawa Barat dengan skala intensitas III MMI; dan daerah Labuan Bajo, Mataram, Takalar, Pangkep dengan skala intensitas II - III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca Juga: Cerita Relawan Baznas Berjuang Melawan Dingin Bantu Korban Gempa Turki

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya