TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Prabowo Akhirnya akan Kunjungi AS Setelah Hampir 20 Tahun Dicekal

Prabowo sempat masuk blacklist pelanggar HAM di AS

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto (tengah). (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Prabowo Subianto, diundang oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) pada 15-19 Oktober 2020 nanti. Agenda lawatan ke Negeri Paman Sam adalah melanjutkan pembicaraan detail soal kerja sama bilateral di bidang pertahanan dengan Menhan AS Mark T Esper.
 
“Menteri Pertahanan Prabowo akan memenuhi undangan resmi pemerintah Amerika Serikat tersebut,” kata juru bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (8/10/2020).

Baca Juga: Prabowo Dikabarkan Dapat Visa AS, Sempat Masuk Blacklist Pelanggar HAM

1. Prinsip bebas aktif memungkinkan Indonesia berhubungan dengan siapa saja

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Setelah menjabat sebagai Menhan, Prabowo telah melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara yang bersaing dengan AS, seperti Tiongkok dan Rusia.
 
Dahnil memastikan, prinsip politik bebas aktif yang dianut Indonesia mengizinkan Prabowo untuk membangun kerja sama pertahanan dengan negara manapun. Kunjungan ke AS sekalipun tidak berarti Indonesia akan menjadi aliansi negara tersebut.  
 
“Prabowo Subianto selama ini aktif melakukan diplomasi pertahanan ke berbagai negara termasuk Amerika Serikat. Tidak terlibat aliansi militer dengan negara manapun, namun menjaga kedekatan dengan semua negara,” tambah dia.
 

2. Kabar soal visa masuk AS beredar setelah diungkap media lokal

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) bersama Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kiri) tiba di lokasi sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sebagai informasi, Media lokal Amerika Serikat (AS), melalui sumbernya di Departemen Luar Negeri (Deplu), mengabarkan bahwa Menhan Prabowo telah mengantongi visa masuk AS.  
 
“Prabowo diperkirakan akan berkunjung (ke AS) sekitar akhir bulan ini,” demikian tertulis dalam laporan yang dibuat The Politico, Selasa (6/10/2020).
 
Selama hampir dua dekade, Prabowo dilarang masuk ke AS karena masuk dalam daftar hitam pelanggar hak asasi manusia (HAM) kala menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Baca Juga: Dua Eks Tim Mawar Diangkat Jokowi Jadi Anak Buah Prabowo di Kemenhan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya