TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Balon-Balon Udara Ganjar-Mahfud Hiasi Monas, Ternyata Begini Caranya!

Kreasi teknologi relawan pendukung Ganjar-Mahfud

(Instagram/Jabodetabek.terkini)

Jakarta, IDN Times - Belasan balon udara raksasa bergambar Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Monas viral hingga jadi pembicara hangat di jejaring media sosial.

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar - Mahfud mengklarifikasi bahwa fenomena balon udara Ganjar-Mahfud yang terbang di Monas itu sebenarnya merupakan hasil komputer atau teknologi computer generated imagery (CGI).

Baca Juga: Bila Jadi Presiden, Ganjar Ajak Buruh Revisi Aturan Tenaga Kerja

Baca Juga: Bawaslu Tak Temukan Dugaan Pengaturan Nomor Urut Capres Pilpres 2024

1. Kreasi teknologi dari relawan dan anak muda pendukung Ganjar-Mahfud

(Instagram/Jabodetabek.terkini)

Deputi Komunikasi 360 TPN Ganjar-Mahfud, Prabu Revolusi menjelaskan bahwa konten tersebut bukan Alat Peraga Kampanye (APK) yang nyata, melainkan hasil kreasi teknologi oleh para relawan dan anggota muda TPN Ganjar-Mahfud.

Menurut Prabu, konten CGI tersebut merupakan bentuk kampanye kreatif dan juga tanggapan terhadap penurunan baliho dan APK Ganjar-Mahfud yang terjadi di beberapa daerah.

Dengan kreativitas teknologi, tim kampanye ingin menunjukkan bahwa mereka dapat membuat kampanye yang abstrak, imajiner, dan digital sebagai alternatif yang menarik.

"Ini sebagai bentuk pernyataan dengan maraknya baliho Ganjar-Mahfud yang diturunkan oleh oknum-oknum tertentu. Silakan turunkan, kami akan buat yang abstrak, imaginary, yang digital," ucap Prabu dalam keterangannya Sabtu (17/11/2023).

Baca Juga: Komisioner KPU Dilaporkan ke DKPP karena Terima Pendaftaran Gibran

2. Terobosan berkampanye politik di Indonesia

Ilustrasi kampanye (IDN Times/Galih Persiana)

Prabu menjelaskan pentingnya penyelenggaraan kampanye yang kreatif dari anak-anak muda dengan menggunakan teknologi seperti artificial intelligence (AI), digital imaginary, dan virtual reality. Pemanfaatan teknologi tersebut merupakan terobosan dalam berkampanye politik di Indonesia, terutama di dunia digital.

"Kita bisa berkreasi apa pun untuk mendukung Ganjar-Mahfud," ujarnya.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud: Pernyataan Aiman Masih di Koridor Bebas Berpendapat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya