TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Didukung Pemilih Muda, Peluang Prabowo-Gibran Menang Dinilai Besar

Prabowo-Gibran dekati anak muda lewat berbagai program

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai mendaftar sebagai capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dinilai berpotensi menang di Pemilu 2024. Pasangan itu dinilai bakal mendapat dukungan besar dari pemilih muda.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Ahmad Norma Permata menuturkan duet Prabowo - Gibran punya instrumen politik yang kuat. Pasangan itu juga berpotensi meraih dukungan dari anak muda sebagai pemilih mayoritas di 2024.

“Kalau saya tentu peluang Prabowo–Gibran paling besar karena Prabowo punya instrumen politik. Selain itu dukungan anak muda sangat kuat mengarah kepada Prabowo,” kata Norma dalam keterangannya, Kamis (2/11/2023).

Baca Juga: Kampanye Caleg di Medsos, Pejabat Pemprov Banten Kena Sanksi

Baca Juga: Relawan Prabowo-Gibran Kenalkan Dana Abadi Kebudayaan

1. Prabowo-Gibran dinilai gaet suara anak muda melalui berbagai program

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menumpang maung ke KPU. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Prabowo - Gibran berpotensi mendapatkan banyak limpahan suara dari para pemilih muda. Sebab, pasangan itu berupaya peduli dengan menyiapkan berbagai program yang menjawab berbagai permasalahan anak muda.

Adapun program itu di antaranya, kredit start up milenial untuk menumbuhkan lapangan keja sekaligus menguatkan peran generasi muda dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu juga untuk yang masih sekolah, Prabowo–Gibran menyiapkan makanan dan minum susu gratis.

Maka dari itu, dengan program yang berpihak kepada anak muda, peluang Prabowo-Gibranq meraup dukungan suara mayoritas anak muda, semakin besar.

“Salah satunya survei Indikator Politik Indonesia terbaru yang merekam Prabowo – Gibran adalah pasangan pilihan utama Gen Z dengan raihan 37,8 persen,” tutur Norma.

Baca Juga: Dukungan Erick Thohir Berpotensi Dongkrak Elektabilitas Prabowo-Gibran

2. Prabowo - Gibran potensial dapat limpahan suara pendukung Anies - Muhaimin

Bacapres dan Bacawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat menghadiri jalan sehat sarungan di Jember, Jawa Timur. (IDN Times/dok. Istimewa)

Selain didukung anak muda, Norma memprediksi, peluang Prabowo – Gibran memang di Pilpres 2024 semakin besar karena potensial mendapatkan limpahan suara dari pendukung Anies – Muhaimin.

“Tetapi seandainya dua putaran saya kira peluang Prabowo tetap lebih besar. Sebab, apabila Anies yang kalah, maka pengikut Anies tentu akan lebih banyak yang ke Prabowo karena dulunya mereka pendukung Prabowo pada Pemilu 2019,” ujar Norma.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya