TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Effect, Faktor Elektabilitas Prabowo Meningkat di Jatim

Keputusan Prabowo gabung kabinet Jokowi pengaruhi dukungan

Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko "Jokowi" Widodo membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) berupa sembako di Pasar Bululawang, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023) (dok. Tim Humas Prabowo)

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam, menilai "Jokowi Effect" membuat elektoral calon presiden (capres) Gerindra Prabowo Subianto meningkat di wilayah Jawa Timur (Jatim).

Dia menilai, Jawa Timur jadi salah satu kunci kemenangan pada Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Survei: Pemilih Jokowi Cenderung Dukung Prabowo Daripada Ganjar

1. Prabowo mendapat Jokowi Effect karena berada di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersilaturahmi ke kediaman Presiden Joko Jokowi" Widodo di Solo, Sabtu (22/4/2023) (Tim Humas Prabowo)

Surokim menuturkan, Prabowo mendapatkan Jokowi Effect karena menerima ajakan bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Tak hanya itu, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Presiden Jokowi di Jatim masih cukup tinggi. Maka dari itu, menurut Surokim adanya Jokowi Effect ini turut berimbas positif bagi siapapun yang mengikuti kontestasi pilpres termasuk Prabowo.

“Sejauh ini tingkat kepuasan masyarakat Jatim terhadap Pak Jokowi berdasar survei SSC Juli 2023 masih 80,9 persen, masih masuk kategori tinggi. Jika melihat hal ini maka Jokowi Effect tentu masih manjur bagi siapapun yang mau ikut Pilpres,” kata Surokim, ketika dihubungi pada Jumat, 11 Agustus 2023.

“Pak Prabowo yang menjadi anggota kabinet tentu mendapat Jokowi Effect sehingga bisa menguatkan elektabilitasnya,” lanjutnya.

2. Pendukung akar rumput Jokowi dinilai potensial menangkan Pilpres 2024

(dok. Humas Prabowo)

Adanya Jokowi Effect dianggap sudah terasa terhadap elektabilitas Prabowo belakangan ini. Terlebih, Jokowi sering mengajak Prabowo dalam kunjungan kerja di berbagai daerah.

Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) ini menilai, para pemilih Jokowi di kalangan akar rumput masih memiliki dampak yang signifikan bagi tingkat elektabilitas Prabowo pada Pilpres 2024 nanti.

“Saya pikir ini juga efektif untuk mendapat transfer device dari Pak Jokowi. Apalagi di kalangan grassroot yang ikut Pak Jokowi juga cukup solid. Jadi menurut saya hal itu akan berdampak pada elektabilitas Pak Prabowo,” ujar Surokim.

Baca Juga: Loyalis Jokowi Semakin Solid Dukung Prabowo

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya