TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pembangunan Keberlanjutan Ala Prabowo Potensial Gaet Suara Gen Z

Pemilih muda tertarik keberlanjutan dan perbaikan

ilustrasi milenial (IDN Times/Nathan Manaloe)

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Airlangga, Kacung Marijan, menilai program keberlanjutan pembangunan yang digaungkan calon presiden (capres) Prabowo Subianto, efektif untuk menggaet suara milenial.

Prabowo sendiri beberapa kali memastikan ia akan melanjutkan pembangunan era pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, jika ia terpilih pada Pilpres 2024.

Baca Juga: Silaturahmi dengan Relawan Prabowo, Projo Yakin Jokowi Dukung Prabowo

1. Prabowo refleksikan pembangunan keberlanjutan dan perubahan

Momen Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama awak media di Lembang, Bandung (dok. Istimewa)

Kacung menjelaskan, pemilih muda yang berasal dari generasi milenial ingin ada ‘jalan tengah’ yang mencerminkan keberlanjutan, namun tetap mempertahankan unsur perubahan. Menurutnya, Prabowo merupakan figur yang merefleksikan kedua hal tersebut.

“Mereka (milenial) ingin jalan tengah yang merefleksikan, ada keberlanjutan, tapi juga ada unsur perubahan. Jadi ada keberlanjutan, di satu sisi tapi di sisi yang lain ada yang punya keyakinan bahwa Pak Prabowo itu bukan hanya keberlanjutan tapi juga ada perbaikan,” kata Kacung dalam keterangannya, Senin (17/7/2023).

Baca Juga: Datang ke Rumah Prabowo, Budiman Sudjatmiko: Pemikirannya Menarik

2. Pemilih muda cenderung tertarik visi dan misi keberlanjutan serta perbaikan

ilustrasi gen Z (IDN Times/Indonesia Gen Z Report 2022)

Kacung menjelaskan, saat ini pemilih muda cenderung tertarik pada visi dan misi pembangunan keberlanjutan serta perbaikan.

“Jadi sisi Prabowo diyakini ada continuity dan juga ada improvement,” ujarnya.

Diketahui, Prabowo dalam beberapa kesempatan mengungkapkan akan melanjutkan beberapa program yang telah dicanangkan Presiden Jokowi, seperti hilirisasi dan pembangunan infrastruktur. Dia mengklaim, hal itu bertujuan agar pendapatan negara meningkat dan Indonesia bisa menjadi negara maju.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya