[UPDATE] Sumatera Barat Catat Tambahan 10 Kasus Positif COVID-19

Kota Payakumbuh kini resmi masuk zona merah COVID-19

Padang, IDN Times - Angka kasus positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Sumatera Barat, bertambah 10 kasus per Jumat 24 April 2020. Total keseluruhan dari penambahan kasus positif pandemik virus corona itu kini menjadi 96 kasus. Peningkatan jumlah kasus tersebut cukup signifikan apalagi kini mendekati angka 100.

“Dari hari ke hari, masyarakat kita yang positif terinfeksi COVID-19, terus bertambah. Hasil swab yang sebelumnya diuji oleh tim laboratorium Fakultas kedokteran Universitas Andalas mencatat tambahan 10 kasus positif. Sehingga hari ini terkonfirmasi total kasus positif COVID-19 sudah mencapai 96 orang,” kata Jasman Rizal, Jumat (24/4)

1. Terbanyak dari Kota Padang

[UPDATE] Sumatera Barat Catat Tambahan 10 Kasus Positif COVID-19IDN Times/Muchammad Haikal

Menurut Jasman, tambahan 10 kasus positif COVID-19 untuk hari ini terbanyak berasal dari Kota Padang sebanyak 6 orang, Kabupaten Pesisir Selatan 2orang, Kabupaten Kepulauan Mentawai 1 orang, dan 1 kasus dari Kota Payakumbuh. Bagi Kota Payakumbuh, ini merupakan kasus pertama warganya positif terpapar COVID-19.

“Sementara itu, yang meninggal dunia sudah tercatat sebanyak 10 orang. Dan yang sembuh sudah sebanyak 17 orang,” ujar Jasman.

Baca Juga: Dikhawatirkan Jadi Klaster COVID-19, Area Pasar Raya Padang Ditutup!

2. Kasus di Mentawai ikut bertambah

[UPDATE] Sumatera Barat Catat Tambahan 10 Kasus Positif COVID-19pixabay.com

Dijelaskan Jasman Rizal, selain Kota Payakumbuh yang mengonfirmasi kasus pertama positif COVID-19, Kabupaten Kepulauan Mentawai juga terus ada penambahan. Hingga kini, sudah ada satu warga Mentawai yang positif terpapar COVID-19. Ia adalah seorang mahasiswi, warga Sipora Selatan.

“Hari ini, Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapatkan tambahan warga positif COVID-19. Itu artinya, telah 2 orang warga kita di Mentawai yang positif terinfeksi. Selain itu juga ada seorang pasien lagi yang sembuh. Ia adalah perempuan berumur 78 tahun. Saat ini telah kembali berkumpul dengan keluarganya di Bungus Teluk Kabung. Jadi, yang sembuh sudah 17 orang,” ujar Jasman.

3. Ratusan ribu pendatang sudah masuk Sumbar

[UPDATE] Sumatera Barat Catat Tambahan 10 Kasus Positif COVID-19IDN Times / Nana Suryana

Meski kemudian Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sudah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), namun angka pendatang yang masuk ke Sumbar melalui 10 pintu masuk sudah mencapai angka 117.352 orang.

Rata-rata, sehari ada 4.694 orang yang masuk ke Sumatera Barat.

“Jadi, kita juga mengimbau kepada Pemkab dan Pemkot yang akan mengirim calon warga atau pasien ke pusat karantina, agar membuat surat pengantar dan status hasil observasi awal dari petugas kesehatan. Sehingga jelas status orang yang dikirim. Pemprov Sumbar juga kembali mengimbau, agar gugus tugas kabupaten dan kota bisa lebih mengefektifkan isolasi di karantina daripada isolasi di rumah, khususnya bagi masyarakat kita yang memiliki keterbatasan dalam proses isolasi di rumahnya atau dengan adanya beberapa peristiwa penolakan dari masyarakat,” tutup Jasman.

Baca Juga: Kisah Perawat Puskesmas di Padang, Siap Mental Jika Terpapar Corona

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya