Comscore Tracker

Prabowo-Puan Unggul Tipis pada Simulasi 3 Pasangan Pilpres 2024

Survei kedua diungguli pasangan Ganjar-Erick

Jakarta, IDN Times - Survei nasional yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) mensimulasikan tiga pasangan, dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani unggul sedikit. 

Survei ini dilakukan pada 2-6 November 2021 yang melibatkan 2.020 responden, mulai dari usia 17 tahun dengan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki toleransi kesalahan kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Baca Juga: Puan Maharani atau Ganjar Pranowo, Siapa Pilihan PDIP di Pilpres 2024?

1. Pasangan Prabowo-Puan unggul 0,8 persen

Prabowo-Puan Unggul Tipis pada Simulasi 3 Pasangan Pilpres 2024Instagram/Puanmaharaniri

Pada simulasi pertama, jika Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua DPR Puan Maharani.

Survei tersebut menghasilkan, pasangan Prabowo-Puan memperoleh 29,9 persen. Sedangkan Anies-Erick 28,2 persen, dan Ganjar-Airlangga 28,8 persen.

2. Simulasi kedua Ganjar-Erick unggul

Prabowo-Puan Unggul Tipis pada Simulasi 3 Pasangan Pilpres 2024Instagram.com/@ganjar_pranowo

Jika simulasi pasangan diubah, yakni Anies Baswedan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo dengan Erick Thohir, dan Prabowo Subianto dengan Puan Maharani. 

Survei menghasilkan, pasangan Anies-Sandiaga memperoleh 30,8 persen. Sedangkan, Ganjar-Erick 31,1 persen dan Prabowo-Puan 28,1 persen.

3. PDIP memiliki elektabilitas tertinggi

Prabowo-Puan Unggul Tipis pada Simulasi 3 Pasangan Pilpres 2024ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sementara, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebutkan, partai yang memiliki elektabilitas tertinggi adalah PDI Perjuangan, disusul Partai Gerindra. Sedangkan, Golkar di urutan ketiga, lalu berikutnya Partai Demokrat dan PKB.

“PDIP juga paling tinggi dukungannya 26,4 persen, kemudian Gerindra 15,2 persen, Golkar 10,6 persen, Demokrat 10 persen, PKB 7,2 persen, PKS 6,3 persen, NasDem 3,7 persen. Partai lain kurang dari 3 persen dan yang belum memilih sekitar 13,4 persen,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (6/12/21).

Baca Juga: Riset CSIIS: Prabowo Subianto Dominasi Kandidat Capres dari TNI-Polri

4. Sandiaga Uno unggul pada elektabilitas calon wakil presiden

Prabowo-Puan Unggul Tipis pada Simulasi 3 Pasangan Pilpres 2024Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Selain itu, pada simulasi sembilan nama calon wakil presiden, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dinilai paling pantas sebagai calon wakil presiden, mengalahkan Menteri BUMN Erick Thohir.

Berikut hasil survei selengkapnya:

  • Menparekraf Sandiaga Uno 37,1 persen
  • Menteri BUMN Erick Thohir 12,8 persen
  • Pendiri AHY Foundation Agus Harimurti Yudhoyono 9,9 persen
  • Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 7,1 persen
  • Ketua DPR Puan Maharan 5,1 persen
  • Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto 4,9 persen
  • Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Muhaimin Iskandar 1,7 persen
  • Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan 1,1 persen
  • Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa 0,1 persen.

Adapun sebanyak 20,2 persen responden tidak menjawab.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya