Comscore Tracker

Ruangguru Berikan Beasiswa pada 3.600 Guru dan Siswa

Kolaborasi Persada Capital Investama dan Adaro Foundation

Jakarta, IDN Times – Persada Capital Investama dan Adaro Foundation bekerja sama dengan Ruangguru untuk memberikan beasiswa kepada lebih dari 3.600 orang yang terdiri dari masing-masing sekitar lebih dari 1.800 guru dan siswa di Indonesia. Kerja sama ini mulai dijalin sejak Maret 2019. 

Presiden Direktur Persada Capital Investama Arini Subianto melihat adanya kesamaan visi dengan Ruangguru yaitu untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan bagi Arini hal tersebut sangat penting.

“Akhirnya kami setuju untuk bertemu dan di situ kami melihat kesamaan visi yaitu meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. Terus terang, pendidikan adalah pintu menuju kemajuan suatu bangsa, hal ini sangat dibutuhkan oleh Indonesia,” ujar Arini dalam konferensi pers kolaborasi Ruangguru di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Senin (19/8).

1. Program beasiswa untuk pelajar

Ruangguru Berikan Beasiswa pada 3.600 Guru dan SiswaIDN Times/Aulia Fitria

Kerja sama ini tertuang dalam sebuah program yaitu Persada Scholarship, program ini sudah diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia di antaranya, Kota/Kabupaten Lhokseumawe, Deli Serdang, Pematangsiantar, Pangkalpinang, Jambi, Banjarbaru, Brebes, Kendal, Semarang, Banyumas, Tabanan, Bireuen.

Program yang berjalan sejak Juni 2018 hingga Juni 2019 berhasil mengajak 1.805 pelajar untuk berpartisipasi dalam program Persada Scholarship ini.

Persada Scholarship terdiri dari dua program beasiswa yang pertama untuk persiapan Ujian Nasional (UN) dan Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ruangguru menargetkan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) berprestasi yang kurang mampu sebagai kriteria yang bisa berpartisipasi dalam program ini. 

Baca Juga: 7 Rahasia Sukses Ruangguru, Alternatif Millennials Bisa Belajar Asyik

2. Program pelatihan untuk guru

Ruangguru Berikan Beasiswa pada 3.600 Guru dan SiswaIDN Times/Aulia Fitria

Program selanjutnya hadir untuk para guru yaitu Indonesia Teaching Fellowship (ITP). Dalam program ini, guru yang berpartisipasi mendapatkan akses ruang belajar for teacher pada aplikasi ruangguru selama satu tahun.

Dalam program ini, guru mendapatkan pelatihan mengenai perencanaan kurikulum, strategi pembelajaran, pemanfaatan teknologi dalam Pendidikan, manajemen Pendidikan berbasis sekolah, keterampilan sosial guru, dan Pendidikan inklusif.

Pendiri Ruangguru Iman Usman mengatakan, guru yang diseleksi untuk berpartisipasi dalam program ini adalah guru yang bisa memberi inspirasi bagi guru lainnya.

"Kalau guru kita juga lihat, bahwa guru-guru ini bisa menjadi champion. Maksudnya champion apa, jadi mereka yang nantinya bisa memberi inspirasi bagi guru lainnya," ujar Iman.

3. Fasilitas konseling di Ruangguru

Ruangguru Berikan Beasiswa pada 3.600 Guru dan SiswaIDN Times/Aulia Fitria

Selain dapat mengakses fasilitas seperti video belajar dan soal latihan yang disediakan oleh Ruangguru bagi para pelajar yang berpartisipasi ini, terdapat salah satu fasilitas lain yaitu fasilitas konseling.

“Siswa selain dapat mengakses puluhan ribu video belajar dan ratusan ribu latihan soal secara gratis. Platform Ruangguru juga mendapatkan fasilitas konseling dalam mengatasi masalah hingga memilih jurusan kuliah. Dengan fasilitas ini nilai rata-rata UN siswa Persada Scholarship lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata UN tingkat nasional dan daerah tempat tinggal masing-masing siswa persada,” ujar Iman.

Baca Juga: Gelar Ruangguru Champion 2019, Ruangguru Siap Cetak Pelajar Idola 

Topic:

  • Aulia Fitria
  • Dwifantya Aquina

Just For You