Hari Ini Arab Saudi Cabut Jam Malam dan Buka Kembali Kegiatan Ekonomi

Pelarangan penerbangan internasional masih diberlakukan ya!

Jakarta, IDN Times - Peraturan jam malam seluruh wilayah Arab Saudi dicabut. Saudi membuka kembali kegiatan ekonomi dan perkantoran mulai hari ini, Minggu (21/6).

"Mulai tanggal Syawal (21 Juni 2020), dimulai kehidupan normal mulai jam 06.00 pagi. Dan dibolehkan kegiatan ekonomi dan kegiatan perkantoran," kata Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali saat dikonfirmasi IDN Times, Minggu (21/6).

Endang mengatakan, meski begitu masyarakat tetap harus mengikuti ketentuan dan tetap menjaga Protokol kesehatan dan social distancing.

1. Pelarangan umrah dan ziarah masih berlaku

Hari Ini Arab Saudi Cabut Jam Malam dan Buka Kembali Kegiatan EkonomiSuasana di Mekah saat pandemik COVID-19 masih berlangsung pada bulan Ramadan, di Mesjid Agung di Mekah, Arab Saudi, pada 19 Mei 2020. ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Meski demikian, Arab Saudi masih memberlakukan pelarangan atau suspend umrah maupun ziarah. Pihak Arab Saudi masih akan melakukan evaluasi terkait hal itu sesuai ketentuan kesehatan.

Bahkan, menurut dia, apabila peraturan tersebut dilanggar maka akan ada sanksi yang diberikan.

Baca Juga: 60 WNI Meninggal di Luar RI karena COVID-19, Terbanyak di Arab Saudi

2. Pelarangan penerbangan internasional masih berlaku

Hari Ini Arab Saudi Cabut Jam Malam dan Buka Kembali Kegiatan EkonomiSeorang pria memasuki gerbang sterilisasi mandiri di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, pada 7 Mei 2020. ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Tak hanya itu, pelarangan penerbangan internasional dan ditutupnya perbatasan baik darat maupun laut masih tetap diberlakukan.

"Diberlakukan sanksi bagi yang melanggar ketentuan di atas," ujarnya.

Adapun, Arab Saudi telah menutup penerbangan internasional dan hanya melakukan penerbangan domestik, hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan.

3. Sebelumnya aturan jam malam diharapkan dilonggarkan 21 Juni

Hari Ini Arab Saudi Cabut Jam Malam dan Buka Kembali Kegiatan Ekonomi(Proses sterilisasi di Masjidil Haram di Arab Saudi) Reuters

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi mengumumkan rencana untuk melonggarkan pembatasan aktivitas masyarakat setelah libur Hari Raya Idulfitri walau jumlah kasus COVID-19 masih terbilang sangat tinggi. Pelonggaran yang dimaksud antara lain soal jam malam yang dipersingkat dan izin beribadah secara bersama-sama di masjid.

Menurut pemerintah, satu-satunya wilayah yang masih akan tetap memberlakukan jam malam selama 24 jam adalah Makkah. Aturan tersebut diharapkan akan bisa dilonggarkan mulai 21 Juni mendatang saat jam malam yang diterapkan adalah mulai pukul 15.00 hingga 06.00. Kemudian, masjid-masjid di Makkah juga dijadwalkan boleh diisi oleh para jemaah lagi.

Sebelumnya, Kantor Berita Saudi mengutip keterangan Kementerian Dalam Negeri bahwa mulai 23 hingga 27 Mei warga dilarang beraktivitas di luar rumah selama 24 jam. Untuk beberapa minggu menjelang Hari Raya Idulfitri, jam malam yang berlaku adalah dari pukul 09.00 sampai 17.00. Dalam periode tersebut, semua bisnis juga masih diperbolehkan beroperasi.

Baca Juga: Mulai 21 Juni, Jam Malam di Arab Saudi Dipersingkat Kecuali di Makkah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya