Mitigasi Penyebaran Virus Corona, MRT Jakarta Bakal Cek Suhu Penumpang

Sebelumnya Jokowi umumkan 2 warga terkena virus corona

Jakarta, IDN Times - PT MRT Jakarta (Perseroda) mengeluarkan kebijakan untuk melakukan pemeriksaan suhu badan penumpang. Rencananya kebijakan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.

Kebijakan itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19.

"Pemeriksaan akan dilakukan di setiap area pintu masuk stasiun. Bagi penumpang yang menunjukkan gejala demam tinggi tidak diperbolehkan masuk ke area stasiun MRT Jakarta," kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaludin, dalam keterangannya, Senin (2/3).

Pihaknya menganjurkan agar setiap anggota masyarakat dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh supaya imunitas kekebalan tubuh dapat meningkat.

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah mengumumkan kasus pertama virus corona Covid-19 di Indonesia. Jokowi menyampaikan, kasus tersebut diketahui pemerintah setelah adanya isu warga negara asing (WNA) Jepang yang positif terkena virus corona setelah berkunjung ke Indonesia.

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/3).

Jokowi menjelaskan, tim dari Indonesia telah menelusuri jejak WNA tersebut. Ternyata, WNA Jepang itu positif terkena virus corona setelah menemui anaknya di Indonesia.

"Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun. Cek tim kita ternyata posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," ucap Jokowi.

Mitigasi Penyebaran Virus Corona, MRT Jakarta Bakal Cek Suhu PenumpangInfografik cuci tangan untuk menghindari virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Dinilai Sebar Hoaks Virus Corona, Anggota DPD Fahira Idris Dipolisikan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya