Debat Capres 2019, Polisi Siagakan 2 Ribu Personel

Semoga berjalan aman ya

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menyiapkan rencana pengamanan menjelang debat capres-cawapres yang akan digelar Kamis, 17 Januari 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono mengatakan, pengamanan akan dibagi menjadi empat ring.

1. 2.000 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan

Debat Capres 2019, Polisi Siagakan 2 Ribu PersonelIDN Times/Axel Jo Harianja

Argo mengatakan, sekitar 2.000 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan acara debat tersebut.

"Kita hampir 2.000 personel gabungan TNI-Polri yang sudah kita siapkan (untuk) melakukan pengamanan debat capres tersebut, (pengamanan) itu dari jalur yang akan dilalui kedua paslon ke tempat lokasi," ujar Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (16/1).

Baca Juga: Partai Golkar Dukung Joko Widodo di Pilpres 2019. Ini Alasannya

2. Lokasi epngamanan dibagi menjadi 4 ring

Debat Capres 2019, Polisi Siagakan 2 Ribu PersonelIDN Times/Vanny El Rahman

Pengamanan dalam debat ini akan dibagi menjadi empat ring. Pengamanan tersebut meliputi jalur- jalur yang akan dilalui oleh kedua paslon capres dan cawapres menuju lokasi debat.

"Di lokasi kita bagi 4 ring, pertama untuk ruangan debat. Contohnya nanti yang datang Presiden itu yang amankan Paspampres," kata Argo.

Kemudian, ring kedua berada di bagian luar ruangan. Lokasi tersebut akan dijaga oleh personel polisi dengan TNI

"Ring 3 di luar gedung, ada tempat parkir basement. Ring 4 di luar lokasi acara debat, ada Lantas (Polisi Lalu Lintas) dan Sabhara (Samapta Bhayangkara)," Ujar Argo.

Argo menambahkan terkait pengalihan arus lalu-lintas di sekitar lokasi debat, pengalihan tersebut bersifat situasional dengan melihat kondisi pada saat pelaksanaan acara nanti.

"Dari Sabhara kita siapkan, lalu-lintas kita siapkan. tapi lalu lintas belum ada penutupan arus lalin, belum ada, tapi situasional. Lihat di lapangan nanti seperti apa," jelas Argo.

3. Para pendukung paslon diimbau Jaga ketertiban

Debat Capres 2019, Polisi Siagakan 2 Ribu PersonelIDN Times/istimewa

Argo mengimbau, masing-masing pendukung paslon menjaga ketertiban ketika acara debat berlangsung.

"Di luar dukungan di (dalam) ruangan, kita harap kalau ada dukungan lain yang datang ke Bidakara, kita harap ada ketertiban menjaga kegiatan tersebut agar kegiatan itu aman dan lancar," tutur Argo.

Argo juga meminta kepada masing-masing pendukung paslon yang berkeinginan hadir dalam acara debat, tidak membawa barang-barang yang berbahaya.

"Jangan melakukan kegiatan atau membawa barang-barang yang dilarang oleh undang-undang, seperti membawa senjata tajam dan lain-lain, kemudian juga merusak fasilitas umum juga tidak diperkenankan," ucapnya.

4. Hukum, HAM, Korupsi dan terorisme menjadi tema perdebatan

Debat Capres 2019, Polisi Siagakan 2 Ribu PersonelANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Tema yang diusung dalam debat perdana nanti adalah Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. Ira Koesno dan Imam Priyono, telah dipastikan menjadi moderator serta memimpin jalannya debat.

Debat tersebut akan terbagi menjadi enam segmen. Segmen pertama berisi penyampaian visi misi dari kedua paslon. Segmen kedua dan ketiga, masing-masing paslon akan menjawab pertanyaan yang diajukan para panelis.

Segmen keempat dan kelima masing-masing paslon akan menjawab pertanyaan yang diajukan masing-masing lawan. Dan segmen keenam, masing-masing paslon akan memberikan closing statement.

Baca Juga: Besok Debat Perdana Ma'ruf Amin, Ini Kata Jokowi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya