Diperiksa Polda, Dahnil Anzar Koreksi BAP Dana Kemah

Ia diperiksa sebagai saksi dugaan korupsi dana kemah

Jakarta IDN Times - Penyidik Polda Metro Jaya hari ini menjadwalkan pemeriksaan lanjutan terhadap mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak. Ia diperiksa kembali sebagai saksi dugaan tindak pidana korupsi dana Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia 2017.

Usai diperiksa, Kuasa Hukum Dahnil, Nurkholis Hidayat mengatakan kliennya dicecar dengan sejumlah pertanyaan oleh penyidik. Dahnil juga mengoreksi berita acara pemeriksaan (BAP) pada pemeriksaan sebelumnya.

1. Dahnil mengoreksi BAP sebelumnya

Diperiksa Polda, Dahnil Anzar Koreksi BAP Dana KemahIDN Times/Axel Jo Harianja

Nurkholis mengatakan, dalam pemeriksaan itu penyidik mendalami keterangan Dahnil pada pemeriksaan sebelumnya. Ia juga mengoreksi BAP sebelumnya yang diduga melakukan otorisasi terhadap Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kegiatan dana kemah.

Dahnil sendiri pernah diperiksa oleh Polda Metro Jaya terkait kasus tersebut pada 23 November tahun lalu.

"Tadi ditegaskan Mas Dahnil mengoreksi BAP sebelumnya yang ditulis di situ seolah-olah Mas Dahnil melakukan otorisasi terhadap penggunaan scan tanda tangan di LPJ kegiatan kemah," jelas Nurcholis Hidayat di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (7/2).

"Selebihnya tidak ada yang lain. Saya pikir itu saja yang signifikan, jadi tidak ada satu pun otorisasi dari yang sudah disampaikan saat itu (pada BAP sebelumnya)," jelasnya menambahkan.

Baca Juga: Dahnil Anzar Penuhi Panggilan Polisi Terkait Dugaan Korupsi Dana Kemah

2. Penyidik memberikan 12 pertanyaan baru

Diperiksa Polda, Dahnil Anzar Koreksi BAP Dana KemahANTARA FOTO/Reno Esnir

Nurkholis mengatakan, pemeriksaan itu hanya untuk mengkonfirmasi pertanyaan terdahulu, pada BAP sebelumnya.

"Dua belas pertanyaan baru dan mengkonfirmasi pertanyaan-pertanyaan di BAP sebelumnya," katanya. 

Polisi juga menanyakan peran Dahnil di PP Pemuda Muhammadiyah. Ia pun menyayangkan pertanyaan yang dilontarkan oleh penyidik terkait peran Dahnil tersebut.

Pasalnya, menurut Nurkholis, organisasi yang berperan dalam acara Kemah Pemuda Islam Indonesia tersebut bukan hanya PP Muhammadiyah saja.

"Pertanyaannya jelas secara spesifik mengungkit peran Dahnil sebagai Ketum PP Pemuda Muhammadiyah saat itu, padahal ini adalah kegiatan bersama kolektif organisatoris," jelas dia.

3. Polisi menduga ada markup data dari laporan keuangan LPJ

Diperiksa Polda, Dahnil Anzar Koreksi BAP Dana KemahIDN Times/Axel Jo Harianja

Dahnil diperiksa sejak pukul 11.00 WIB. Pemeriksaannya selesai sekitar pukul 16.00 WIB.

Polisi juga telah meningkatkan kasus tersebut ke tingkat penyidikan. Polisi menduga ada markup data keuangan dalam LPJ dana itu.

Polisi menyebut dugaan penyimpangan ini baru ditemukan di LPJ Pemuda Muhammadiyah, sedangkan LPJ GP Ansor tak ditemukan penyimpangan.

Pemuda Muhammadiyah juga sempat mengembalikan uang Rp 2 miliar kepada Kemenpora. Namun pihak Kemenpora mengembalikan cek Rp 2 miliar itu dengan alasan tak ditemukan permasalahan dalam kegiatan kemah pemuda berdasarkan LHP BPK.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Dana Kemah, Polisi Panggil Dahnil Anzar Kamis Besok

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya