Comscore Tracker

Ganjil-Genap Jakarta, Ditlantas: Masih Menunggu Perpanjangan PSBB

#NormalBaru dan #HidupBersamaCorona

Jakarta, IDN Times - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, kepolisian belum bisa memastikan kapan aturan ganjil-genap diberlakukan kembali di Jakarta. Ganjil-genap ditiadakan, sejak ibu kota menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kita masih menunggu dari pemerintah, apakah (PSBB) diperpanjang atau tidak. Jika PSBB diperpanjang, maka otomatis peniadaan gage (ganjil-genap) kita perpanjang," kata dia saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (4/5).

1. Kepolisian akan melakukan sosialisasi jika ganjil-genap diberlakukan lagi

Ganjil-Genap Jakarta, Ditlantas: Masih Menunggu Perpanjangan PSBBDirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo (Dok. Ditlantas PMJ)

Sambodo menjelaskan, seandainya PSBB tidak diperpanjang lagi, Ditlantas Polda Metro Jaya akan mengadakan rapat dengan Dinas Perhubungan DKI, untuk menentukan kapan ganjil-genap kembali berlaku.

"Apakah 5 (Juni) atau 6 (Juni) gage itu akan diberlakukan kembali. Tentunya, jika diberlakukan kembali, menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga masyarakat mengetahui ganjil-genap kembali diberlakukan," kata dia.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Pemprov DKI Jakarta Perpanjang PSBB hingga 18 Juni?

2. Ganjil-genap bukan hanya satu opsi untuk mengurai kemacetan

Ganjil-Genap Jakarta, Ditlantas: Masih Menunggu Perpanjangan PSBBKepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar (Dok. ANTARA News)

Sementara, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, kendaraan yang masuk ibu kota tidak terlalu banyak sekarang ini. Sedangkan, kendaraan yang ada di dalam kota, ada kenaikan sekitar 4 persen. Namun, dia tak menjelaskan lebih rinci berapa jumlah peningkatan kendaraan tersebut.

"Mengurai kemacetan tidak hanya menggunakan gage, tapi bisa juga dengan manajemen lain misalnya rekayasa, buka tutup, alih arus. Bagaimana pentingnya nanti? Kita lihat 4 Juni," ungkap Fahri, Selasa (2/6) lalu.

3. Ganjil-genap ditiadakan sejak PSBB diterapkan

Ganjil-Genap Jakarta, Ditlantas: Masih Menunggu Perpanjangan PSBBANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Perlu diketahui, ganjil-genap ditiadakan sejak Pemprov DKI Jakarta menerapkan PSBB pada Jumat (10/4) lalu. DKI Jakarta telah menerapkan PSBB sebanyak tiga tahap, dan akan berakhir pada hari ini.

Namun, keputusan perpanjangan atau tidak masih menanti dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga: Polda Metro Jaya: Ganjil-Genap Berlaku Setelah PSBB Berakhir

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya