Comscore Tracker

Hadiri Deklarasi Alumni Trisakti, Jokowi: Saya Bukan Pelanggar HAM!

Jokowi apresiasi dukungan dari para alumni Trisakti

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mengatakan, dirinya bukanlah seorang diktator ataupun pelanggar HAM di masa lalu. Pernyataan itu ia ungkapkan dalam acara Deklarasi Alumni Trisakti Pendukung Jokowi di Gedung Basketball Hall, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Selatan, Sabtu (9/2).

1. Jokowi mendapat sambutan meriah

Hadiri Deklarasi Alumni Trisakti, Jokowi: Saya Bukan Pelanggar HAM!IDN Times/Axel Jo Harianja

Pantauan IDN Times, Jokowi telah hadir sejak pukul 14.27 WIB. Kehadiran Jokowi disambut meriah oleh ribuan alumni Trisakti yang hadir. Sejumlah alumni juga mengibarkan bendera bertuliskan #01Jokowi-Ma'ruf.

Tidak hanya itu, sejumlah alumni yang hadir juga menyodorkan kamera handphone untuk berfoto dengan Jokowi. Ia pun tampak sabar melayani para pendukung yang ingin mengabadikan momen itu bersamanya. "Jokowi, Jokowi, Jokowi," seru para pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Menanti Kedatangan Jokowi, Alumni Trisakti Latihan Bernyanyi

2. Jokowi diberi jaket 'Suara Reformasi'

Hadiri Deklarasi Alumni Trisakti, Jokowi: Saya Bukan Pelanggar HAM!IDN Times/Axel Jo Harianja

Pada kesempatan itu, calon presiden nomor urut 01 itu mendapatkan jaket dan megaphone dari salah satu perwakilan alumni Universitas Trisakti. Jaket dan megaphone itu sebagai simbol perjuangan reformasi mahasiswa. Terdapat gambar pulau dan tulisan Indonesia serta #01 di bagian depan. Sementara di bagian luar terdapat tulisan 'Suara Reformasi'.

3. Jokowi tegaskan dirinya bukan pelanggar HAM

Hadiri Deklarasi Alumni Trisakti, Jokowi: Saya Bukan Pelanggar HAM!IDN Times/Axel Jo Harianja

Ketika diberikan kesempatan berbicara menggunakan megaphone, Jokowi menegaskan dirinya bukan pelanggar HAM. Hal itu sontak membuat para pendukung semakin semangat memberi dukungan kepada Jokowi.

"Bapak ibu sekalian, saya bukan diktator, saya bukan pelanggar HAM, dan saya juga bukan..," kata Jokowi terhenti disambut tepuk tangan massa.

"Saya tidak memiliki beban masa lalu. Itu saja, dan terima kasih atas pemberian megaphone ini kepada saya," ujarnya menambahkan.

4 .Jokowi dinilai mampu menyelesaikan kasus HAM masa lalu

Hadiri Deklarasi Alumni Trisakti, Jokowi: Saya Bukan Pelanggar HAM!IDN Times/Axel Jo Harianja

Lebih lanjut, dukungan dari alumni Trisakti ini cukup unik, karena sebelumnya para keluarga korban kasus Hak Asasi Manusia (HAM) 1998 tidak lagi percaya terhadap pemerintah lantaran tak juga menyelesaikan kasus HAM masa lalu.

Janji Jokowi di 2014 yang akan menyelesaikan kasus HAM 1998 hingga kini masih belum ditepati. Hingga akhirnya, para keluarga korban pun menyatakan kekecewaannya mereka.

Kendati demikian, di Pilpres 2019, rupanya alumni Trisakti, di mana 4 mahasiswa dari kampus tersebut menjadi korban pelanggaran HAM 1998, kini siap memberikan dukungan kepada Jokowi.

Ketua Alumni Trisakti 01, Muhanto Hatta, mengatakan bahwa pihaknya tetap percaya bahwa pada periode kedua nanti Jokowi akan selesaikan masalah HAM tersebut.

"Masih sangat optimistis untuk di periode yg kedua ini, mestinya Pak Jokowi tanpa beban untuk bisa menyelesaikan masalah HAM ini. Pak Jokowi orang baik dan kerjanya nyata, kerjanya hebat untuk membangun Indonesia yang lebih baik," kata Muhanto.

"Kita harus menangkan orang yang baik, orang yang tidak punya masalah dengan HAM dan bukan pelanggar HAM. Insyaallah kalau dia terpilih masalah HAM terselesaikan," tambahnya.

5. Acara dihadiri ribuan pendukung Jokowi-Ma'ruf

Hadiri Deklarasi Alumni Trisakti, Jokowi: Saya Bukan Pelanggar HAM!IDN Times/Axel Jo Harianja

Acara tersebut dihadiri sekitar lima ribu massa dari berbagai kelompok pendukung Jokowi. Massa terlihat memadati kedua sisi tribun dan lapangan Basketball Hall,GBK.

Turut hadir dalam acara deklarasi itu yakni Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding, Wakil Direktur TKN Jokowi-Ma'ruf, Lukman Edy, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf DKI Jakarta, Prasetyo Edy, Putri Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan.

Baca Juga: Ini Alasan Alumni Trisakti Dukung Jokowi Jadi Presiden Lagi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You