Comscore Tracker

Lima Relawan Greenpeace yang Panjat Tugu Pancoran Dipulangkan

Lima relawan yang melakukan aksi di HI juga dipulangkan

Jakarta, IDN Times - Lima orang relawan Greenpeace yang sempat diamankan pihak kepolisian akhirnya dipulangkan. Juru Kampanye Hutan Greenpeace, Arie Rompas mengatakan, kelimanya dipulangkan pada Rabu (23/10) pukul 15.00 WIB setelah diamankan di Polsek Menteng, Jakarta Selatan, sejak pukul 09.00 WIB.

Mereka diamankan, karena memanjat dan membentangkan spanduk di Patung Dirgantara, Pancoran, Jakarta Selatan.

1. Lima relawan lainnya dipulangkan lebih malam

Lima Relawan Greenpeace yang Panjat Tugu Pancoran DipulangkanANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Sementara itu, lima orang relawan lainnya baru dipulangkan sekitar pukul 21.00 WIB. Mereka diamankan di Polres Metro Jakarta Pusat, karena melakukan aksi yang sama di Patung Selamat Datang Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Baca Juga: KLHK Bantah Greenpeace Terkait Deforestasi Indonesia yang Buruk 

2. Mereka tidak terbukti melakukan tindak pidana

Lima Relawan Greenpeace yang Panjat Tugu Pancoran DipulangkanANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Arie menjelaskan, 10 relawan itu dipulangkan karena tidak terbukti melakukan tindak pidana. Mereka juga tidak menjalani proses hukum.

"Karena mereka profesional tidak merusak apa pun dan tidak mengganggu fasilitas umum. Mereka tidak mengganggu karena semua alat-alat dibersihkan tidak ada yang ditinggalkan, kemudian mereka juga tidak merusak apa pun. Sesungguhnya tidak ada yang mengganggu kepentingan umum, cuma memasang spanduk aja," kata Arie seperti dikutip dari Antara, Kamis (24/10).

3. Aksi dilakukan guna mengingatkan Jokowi dan para Menteri akan lingkungan

Lima Relawan Greenpeace yang Panjat Tugu Pancoran DipulangkanTwitter/@KSPgoid

Arie menerangkan, alasan para relawan melakukan aksi itu, guna mengingatkan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dan Menteri Kabinet Indonesia Maju, untuk memprioritaskan dua hal terkait lingkungan di tanah air, yakni sektor energi dan sektor kehutanan.

"Dua sektor ini menjadi sangat penting itu harus jadi prioritas jika pemerintah ingin bersungguh-sungguh untuk menyelesaikan masalah lingkungan dan juga melawan perubahan iklim, karena ini berkaitan dengan isu global," terang Arie.

Sebelumnya, disela-sela momen pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024, warga DKI Jakarta dikejutkan dengan spanduk yang terpasang di Patung Selamat Datang Bundaran HI dan di Patung Dirgantara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (23/10).

Spanduk berwarna kuning bertuliskan "Lawan Perusak Hutan" dan "Orang Baik Pilih Energi Baik," menyedot perhatian warga, karena terpasang di puncak Patung Pancoran yang memiliki tinggi 11 meter dan kaki patung yang mencapai 27 meter. Begitu juga spanduk di Bundaran HI yang berada di Patung Selamat Datang yang terletak di tengah air mancur.

Baca Juga: Pasang Spanduk di Patung Pancoran, 5 Aktivis Greenpeace Diamankan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya