Panelis Debat Capres Kedua Berasal dari Akademisi hingga Guru Besar

Panelis Akan dikonfirmasi terlebih dahulu sebelum diumumkan

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini telah memastikan penentuan moderator debat capres kedua yang akan diselenggarakan pada 17 Februari 2019 mendatang. Ketua KPU, Arief Budiman, sebelumnya mengatakan bzhwa finalisasi penentuan nama moderator akan diputuskan dalam rapat bersama kedua tim pemenangan capres-cawapres hari ini di Gedung KPU.

Dalam rapat tersebut, KPU bersama tim pemenangan Paslon nomor urut 01 dan Paslon nomor urut 02 telah menyepakati jurnalis sekaligus presenter INews TV, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki, menjadi moderator dalam debat Pilpres 2019. Tidak hanya itu, KPU juga telah menetapkan kandidat yang akan menjadi panelis dalam debat itu.

1. Panelis ditentukan oleh KPU

Panelis Debat Capres Kedua Berasal dari Akademisi hingga Guru BesarDok. IDN Times/Istimewa

Selain membahas penentuan moderator debat, KPU juga membahas siapa yang akan menjadi panelis debat Pilpres tersebut. Akan tetapi, Arief belum dapat membeberkan siapa saja nama-nama panelis yang telah ditentukan oleh KPU.

"Untuk panelis, KPU sudah memutuskan dan telah menyampaikan kepada masing-masing pihak untuk ikut tracking atau melacak jejaknya atau menelusuri jejak panelis yang telah di tetapkan KPU. Kalau mungkin ada, bisa diberikan catatan yang akan dilakukan koreksi," kata Arief dalam rapat persiapan debat kedua yang digelar di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/1).

Baca Juga: Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki jadi Moderator Debat Capres Kedua 

2. Panelis merupakan akademisi hingga guru besar

Panelis Debat Capres Kedua Berasal dari Akademisi hingga Guru BesarDok. IDN Times/Istimewa

"Ada akademisi dari UI, ITB, IPB, UNDIP, Airlangga, UGM, dan WALHI," ujarnya.

Beberapa nama sudah dalam list namun baru akan disebutkan setelah beliau dikonfirmasi dan menyatakan bersedia," tambahnya.

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso. Usai rapat, ia mengatakan para panelis merupakan pakar dan guru besar.

"Tadi rata-rata (panelis) pakar dan guru besar. Ada yang muda tapi guru besar. Rata-rata mereka punya kompetensi dan selama ini kita harus trace mereka tidak berafiliasi atau diindikasikan condong ke pihak tertentu.

3. Panelis diperkirakan 6 hingga 8 orang

Panelis Debat Capres Kedua Berasal dari Akademisi hingga Guru BesarIDN Times/ Axel Jo Harianja

Priyo mengaku, nama-nama panelis sudah diberitahukan kepada masing-masing perwakilan tim pemenangan. Akan tetapi, mereka belum bisa memberitahukan kepada publik sampai KPU telah mengonfirmasi para panelis tersebut.

"Tadi dihimpun ada sekitar 6 (panelis). KPU mengatakan bisa jadi 8 (panelis) bisa jadi 6 (panelis). Tapi tadi nama-namanya sudah disampaikan ke kita (Tim Pemenangan), tapi saya tidak dalam posisi membicarakan itu, karena tokoh-tokoh tersebut masih akan dihubungi dan dikonfirmasi KPU," jelas Priyo.

Sebelumnya, KPU hari ini menggelar rapat untuk membahas persiapan pelaksanaan debat ke-2 . Selain itu, hari ini juga akan menentukan siapa yang menjadi moderator debat tersebut.

Adapun itu dilakukan di Gedung KPU sekitar pukul 16.00 WIB yang diikuti oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, perwakilan pihak hotel penyelenggara, dan perwakilan televisi yang akan menyiarkan acara debat.

KPU akan kembali menghelat debat capres kedua di Hotel Sultan, Jakarta, pada 17 Februari mendatang. Pada debat kedua nanti, hanya capres yang menjadi peserta, sedangkan cawapres tidak diwajibkan untuk hadir.

Baca Juga: Debat Capres Kedua, KPU Akan Atur Posisi Paslon Agar Lebih Rileks

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya