Puncak HUT ke-73 Bhayangkara, Polri Gelar Beragam Atraksi di Monas

Polri diharapkan lebih baik pada HUT ke-73 Bhayangkara

Jakarta, IDN Times - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Bhayangkara telah berlangsung sejak 1 Juli lalu. Namun puncak peringatan acara ini baru dimulai hari ini, di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

"Acara puncak peringatan Hari Bhayangkara ini, berpusat di Monas. Untuk seluruh Indonesia dilaksanakan di lapangan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7).

1. HUT Bhayangkara dihadiri beberapa komponen masyarakat

Puncak HUT ke-73 Bhayangkara, Polri Gelar Beragam Atraksi di MonasIDN Times/Axel Jo Harianja

Dedi menjelaskan, selain Polri, acara puncak Hut ke-73 Bhayangkara ini turut dihadiri beberapa komponen masyarakat. Tak hanya itu, pihak TNI pun turut hadir.

"Upacara ada 4.000 ribu personel, tujuh resimen dari TNI-Polri, masyarakat," ujar dia.

Baca Juga: Polri Akan Pelajari Hasil Investigasi TGPF Kasus Novel Baswedan 

2. HUT ke-73 Bhayangkara dimeriahkan dengan beragam rangkaian acara

Puncak HUT ke-73 Bhayangkara, Polri Gelar Beragam Atraksi di MonasIDN Times/Axel Jo Harianja

Dedi mengatakan ada beragam rangkaian acara untuk memeriahkan perayaan ulang tahun Korps Bhayangkara. Di antaranya, marching band, rampak gendang, iringan pasukan berkuda, dan atraksi terjun payung.

"Ada peragaan kemampuan personel, display Polwan, terjun payung gabungan, pesawat. Terakhir syukuran memberikan rewards kepada anggota TNI-Polri, kemudian kepala desa dan tokoh masyarakat yang memberikan kontribusi dalam menjaga keamanan negara," papar jenderal bintang satu itu.

3. Polri diharapkan dapat memberikan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya

Puncak HUT ke-73 Bhayangkara, Polri Gelar Beragam Atraksi di Monaspolri.go.id

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu berharap, Polri ke depannya dapat memberikan kinerja yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

"Polri harus jawab ekspektasi masyarakat. Polri harus semakin Promoter (Profesional-Modern-Terpercaya), selalu melindungi, mengayomi, melindungi masyarakat, menjunjung tinggi HAM," kata Dedi.

4. Ini alasan perayaan HUT ke-73 Bhayangkara dilaksanakan hari ini

Puncak HUT ke-73 Bhayangkara, Polri Gelar Beragam Atraksi di MonasIDN Times/Axel Joshua Harianja

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan, upacara peringatan HUT Bhayangkara seharusnya dilaksanakan pada Senin (1/7) lalu.

Tetapi, kata dia, karena pihaknya harus menjalankan beberapa rangkaian tugas seperti mengamankan sidang di Mahkamah Konstitusi (MK), upacara tersebut diundur sampai hari ini.

"Karena berbagai kesibukan, rangkaian kegiatan kita dalam rangka melaksanakan pengamanan sidang di MK, alhamdulillah semua sudah selesai dengan lancar, aman, tertib, maka pelaksanaan upacara parade 10 (Juli) insyaallah kita laksanakan," kata Ari Dono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (1/7) lalu.

Selain itu, dalam upacara hari ini, Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga didaulat sebagai Inspektur Upacara.

Baca Juga: Disebut Komnas HAM Sudah Tahu Pelaku Kasus Novel, Ini Respons Polri

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya