Pemberdayaan UMKM di Era New Normal, BRI Beri Bantuan bagi 1000 Pasar

Total nilai bantuan sebesar Rp25 miliar

Jakarta, IDN Times – PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk terus memberikan dukungan bagi  pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah adaptasi kebiasaan baru. Dukungan diberikan dengan memberikan bantuan sarana prasarana bagi 1.000 pasar di berbagai  wilayah di Indonesia dengan total nilai bantuan sebesar Rp25 Miliar. 

Penyerahan secara simbolis bantuan sarana prasarana pasar tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Utama BRI Sunarso kepada Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, disaksikan oleh Komisaris Utama BRI  Kartika Wirjoatmodjo pada acara puncak BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 di Jakarta  (10/12). 

Bantuan sarana prasarana yang diberikan berupa wastafel cuci tangan, marka/penunjuk jalan,  sarana prasarana untuk mendukung sanitasi kebersihan dan sarana prasarana lain yang  mendukung aktivitas di area pasar. Kondisi pasar yang nyaman, bersih dan menerapkan protokol  kesehatan akan mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 serta menjaga  keberlangsungan usaha di tengah pandemi.

1. Penting agar kita terus mendukung aktivitas ekonomi di pasar

Pemberdayaan UMKM di Era New Normal, BRI Beri Bantuan bagi 1000 PasarIlustrasi Ikan yang dijual di Pasar Ikan (IDN Times/Besse Fadhilah)

“Pasar merupakan salah satu penggerak ekonomi masyarakat, karena itu kami terus mendukung  aktivitas ekonomi pasar di tengah pandemi agar aktivitas pasar tetap berjalan sesuai dengan  protokol Kesehatan, sehingga ekonomi tetap tumbuh. Para pedagang pun dapat menjalankan  usaha dengan aman dan dapat melayani para konsumen dengan aman,” ungkap Direktur Utama BRI Sunarso. 

Dalam pelaksanaannya, penyaluran bantuan sarana prasarana pasar dilakukan oleh BRI di wilayah maupun unit kerja BRI di seluruh Indonesia. Secara simbolis bantuan sarana prasarana  pasar diberikan secara bersamaan dengan peluncuran Pasar.id di Jakarta (10/12).

Baca Juga: BRI Alokasi Sumber Daya untuk Bangun Desa Jadi Sentra Produksi

2. Peluncuran Pasar.id

Pemberdayaan UMKM di Era New Normal, BRI Beri Bantuan bagi 1000 Pasarilustrasi pasar tradisional. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Pasar.id sendiri  merupakan salah satu terobosan BRI dalam digitalisasi perdagangan pasar tradisional, yakni  dengan memfasilitasi seluruh pedagang pasar di Indonesia untuk melakukan aktivitas jual beli secara daring. Digitalisasi pasar ini telah dilakukan BRI di 4.547 titik pasar di seluruh Indonesia  dan jumlahnya akan terus ditingkatkan pada periode yang akan datang. 

“Kami memastikan bantuan ini bisa tersalurkan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi  para pedagang pasar. Dalam penyalurannya kami tetap memperhatikan protokol kesehatan dan  terus mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia”  tambah Sunarso. 

Baca Juga: BRI Lakukan Terobosan Baru dalam Digitalisasi Pasar Tradisional

3. BRI Peduli telah menyalurkan bantuan sebesar Rp158,99 miliar

Pemberdayaan UMKM di Era New Normal, BRI Beri Bantuan bagi 1000 PasarDirektur Utama BRI Sunarso. Dok: BRI

BRI melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli terus berperan aktif dalam  menyalurkan berbagai jenis bantuan terutama dalam rangka mendukung upaya Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia serta bantuan yang secara langsung dapat  mendorong perbaikan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat. 

Hingga November 2020 BRI melalui program CSR “BRI Peduli” telah menyalurkan bantuan  sebesar Rp 158,99 miliar yang disalurkan untuk bantuan bencana alam dan non-alam, dalam hal  ini termasuk yang disebabkan wabah; bantuan pendidikan berupa pelatihan, prasarana dan  sarana pendidikan; bantuan peningkatan kesehatan; bantuan pengembangan prasarana  dan/atau sarana umum; bantuan sarana ibadah; bantuan pelestarian alam dan bantuan sosial  kemasyarakatan untuk pengentasan kemiskinan. 

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya