Usung Tema Cafe, TPS 15 Tulusrejo Malang Berhasil Pikat Pemilih

#1000MillennialsKawalPemilu Pemilih berdatangan mulai pagi

Ada yang unik dari penampakan TPS 15 Tulusrejo, Lowokwaru, Malang tempat saya mencoblos di Pemilu 2019 ini. Tak seperti lainnya yang hanya mengandalkan tenda, TPS tempat saya menyalurkan hak suara ini mengusung tema cafe lengkap dengan daftar menunya.

Gak heran, sejak pagi hari pada saat baru dibuka TPS 15 di Tulusrejo ini pun sudah ramai dikunjungi para pemilih.

1. Hiasan dinding, hingga papan menu dibuat semirip mungkin dengan cafe

Usung Tema Cafe, TPS 15 Tulusrejo Malang Berhasil Pikat PemilihDok. Pribadi/Handaru

Saat pertama sampai di TPS 15 Tulusrejo, Malang saya disajikan pemandangan gapura selamat datang yang sangat mirip dengan dinding depan cafe. Dinding itu juga dilengkapi keterangan TPS 15 dan kalimat ajakan dalam bahasa Jawa "Aku Wis Nyoblos".

Masuk ke dalam TPS pun suasana makin mirip cafe dengan papan menu yang seolah-olah menunjukkan apa saja yang bisa dipesan atau dinikmati. Sungguh kreatif!

2. Bukan tanpa alasan, kreativitas panitia menghias TPS ini semata-mata untuk menarik minat pemilih

Usung Tema Cafe, TPS 15 Tulusrejo Malang Berhasil Pikat PemilihDok. Pribadi/Handaru

Slamet Riyantono, ketua KPPS di TPS 15 Tulusrejo, Malang mengungkapkan bahwa kreativitas panitia menghias TPS ini bukanlah tanpa alasan. Ia berharap dengan TPS yang unik ini maka minat pemilih untuk datang dan menyalurkan hak suaranya makin besar. Mengingat Daftar Pemilih Tetap alias DPT di TPS 15 mencapai 288.

Menghias TPS ini juga dilakukan agar petugas tak bosan selama melakukan kewajiban mengawal jalannya pemilu 2019.

Baca Juga: Warga Antusias Gunakan Hak Pilihnya di TPS 4 Kumendung, Rembang

3. Usaha panitia nampaknya berhasil, saya sampai rela meluangkan waktu pulang untuk menyalurkan hak suara

Usung Tema Cafe, TPS 15 Tulusrejo Malang Berhasil Pikat PemilihDok. Pribadi/Handaru

Ya, usaha panitia TPS 15 Tulusrejo, Malang ini nampaknya memang berhasil. Buktinya, saya sendiri rela meluangkan waktu di sela-sela pekerjaan untuk bisa pulang ke Malang dan mengikuti jalannya pemilu 2019. Meski saya baru bisa memilih jam 12 karena ada kesalahan teknis.

Tampilan nyentrik TPS ini membuat saya seolah-olah tidak sedang berada dalam bilik pemungutan suara karena saking banyaknya ornamen ala cafe yang dihadirkan seperti tempelan dinding, hiasan dari kain tradisional hingga papan informasi caleg di depan TPS yang sangat membantu saya mengenali secara singkat siapa saja yang harus saya pilih untuk duduk di parlemen 5 tahun mendatang.

4. Dari hasil penghitungan suara, paslon 01 unggul di TPS 15 Tulusrejo Malang

Usung Tema Cafe, TPS 15 Tulusrejo Malang Berhasil Pikat PemilihDok. Pribadi/Handaru

Dari penghitungan suara di TPS 15 Tulusrejo, Malang paslon 01 yakni Jokowi-Ma'aruf Amin unggul 173 suara dibanding paslon 02 Prabowo-Sandi yang memeroleh suara 64 saja. Dari penghitungan ini juga, ada 4 surat suara yang dianggap tidak sah.

Baca Juga: Pemilu di Deli Serdang Sumut, Silahturahmi dalam Bingkai Demokrasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya