Comscore Tracker

Mengintip Proses Lipat Surat Suara di Yogyakarta

Ditemukan surat suara berlubang kecil

Yogyakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta mulai melakukan proses sortir dan melipat 316.659 surat suara untuk pemilihan calon anggota DPR RI yang akan dicoblos pada Pemilu 2019.

Agar bisa mencapai target selesai dalam satu pekan, tak kurang dari 40 tenaga lipat dikerahkan oleh KPU Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Kiat Mudah Agar Kamu Kebal dari Hoaks

1. Diharapkan rampung dalam 7 hari

Mengintip Proses Lipat Surat Suara di YogyakartaIDN Times/Daruwaskita

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Hidayat Widodo, mengatakan ratusan ribu surat suara tersebut datang sejak hari Sabtu (9/3). Sedangkan proses penyortiran dan pelipatan surat suara baru dilaksanakan Rabu (13/3).

"Yang kami terima surat suara DPR RI, jumlahnya ada 316.659 atau 632 boks dan hari ini (Rabu kemarin) proses sortir dan lipat dimulai," katanya.

Untuk proses penyortiran dan pelipatan surat suara, kata Hidayat, KPU Kota Yogyakarta melibatkan puluhan petugas pelipat surat suara. Petugas tersebut akan bekerja mulai pagi hingga sore hari setiap harinya.

"Untuk petugas pelipat (surat suara) ada sekitar 40 orang dan targetnya 7 hari ke depan sudah selesai," katanya.

2. Ada kemungkinan petugas lipat dan sortir akan ditambah

Mengintip Proses Lipat Surat Suara di YogyakartaIDN Times/Daruwaskita

Menurut Hidayat, tidak menutup kemungkinan petugas yang dilibatkan akan bertambah. Mengingat setiap harinya KPU akan melakukan evaluasi agar target penyelesaian pelipatan surat suara dapat tercapai.

"Seandainya 7 hari ke depan dianggap kurang, 40 petugas sortir dan pelipat yang dikirim PPK itu ya kita tambah jumlahnya," ucapnya.

3. Teliti saat melipat dan menyortir

Mengintip Proses Lipat Surat Suara di YogyakartaIDN Times/Daruwaskita

Hidayat menambahkan, dalam kegiatan tersebut KPU menekankan kepada setiap petugas agar tidak asal melipat surat suara. Mereka diwajibkan untuk meneliti dahulu apakah terdapat kecacatan pada setiap surat suara yang akan dilipat.

"Sesuai kriteria SK dan SE KPU tentang sortir dan pelipatan surat suara nomor 1266, surat suara yang disortir itu kalau ada noda besar dan berlubang pada surat suara. Jadi petugas harus teliti saat melipat surat suara itu," ujarnya.

4. Ditemukan surat suara berlubang kecil

Mengintip Proses Lipat Surat Suara di YogyakartaIDN Times/Daruwaskita

Hal itu ternyata betul diterapkan oleh petugas pelipat kotak suara dan hasilnya ada petugas yang menemukan surat suara tidak memenuhi kriteria.

"Seperti ini tadi, kami temukan ada 2 (surat suara) yang tidak memenuhi kriteria karena ada lubang kecil sekali. Meski kecil kami tidak mau berspekulasi dan tetap kita sortir, temuan itu nanti kami koordinasikan dengan KPU DIY," pungkasnya.

Baca Juga: Penjelasan KPU Kulon Progo soal Truk Surat Suara Huruf Kanji

Topic:

  • Rochmanudin
  • Yogie Fadila

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You