Hadir di Acara PKB, Maha Biksu Dutavira Memuji Cak Imin dan NU

Ia juga mengingatkan untuk taat agama bagi umat Islam

Jakarta, IDN Times - Dialog Kebangsaan dan buka puasa bersama Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar diramaikan oleh banyak tokoh dan para pemuka agama nasional. Acara berlangsung di Rumah Dinas Wakil Ketua MPR RI Muhaimin pada Sabtu (18/5) sejak pukul 16.30 WIB.

Salah satu pemuka lintas agama hadir dalam acara ini adalah Maha Biksu Dutavira Mahasthavira. Ia pun turut bersuara di atas panggung Dialog Kebangsaan dan menyuarakan dukungannya untuk Muhaimin Iskandar, atau biasa disapa Cak Imin, dan juga mendukung Nahdlatul Ulama (NU).

1. Cak Imin diminta terus memimpin PKB

Hadir di Acara PKB, Maha Biksu Dutavira Memuji Cak Imin dan NUIDN Times/Denisa Tristianty

Maha Biksu Dutavira Mahasthavira memuji kepemimpinan Muhaimin Iskandar atau biasa disapa Cak Imin dalam Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

"Cak Imin ini masih muda, perlu kita dukung memimpin bangsa ini dan terus memimpin PKB. Kemarin Cak Imin mau maju jadi wapres, ya harus kita dukung," kata Maha Biksu Dutavira Mahasthavira di atas panggung Dialog Kebangsaan.

Walau pun akhirnya dalam bursa calon wakil presiden 2019, Cak Imin tak terpilih mendampingi petahana calon presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia kalah saing dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kiai Ma'ruf Amin.

Baca Juga: PKB Bantah Isu Menpora Imam Nahrawi Mundur dari Kabinet

2. Maha Biksu Dutavira mengucapkan terima kasih kepada PKB

Hadir di Acara PKB, Maha Biksu Dutavira Memuji Cak Imin dan NUIDN Times/Denisa Tristianty

Menurut Maha Biksu Dutavira, ada peran besar PKB untuk agama Buddha.

"Agama Buddha juga berterima kasih banyak kepada PKB, karena PKB agama Buddha terus eksis di Indonesia," ujar dia. Apalagi, lanjut Maha Biksu, PKB adalah orang-orang Nahdatul Ulama.

"Ini yang bikin kami sehati dengan PKB," ungkapnya.

3. Ingatkan pentingnya melaksanakan kewajiban ibadah

Hadir di Acara PKB, Maha Biksu Dutavira Memuji Cak Imin dan NUIDN Times/Denisa Tristianty

Meski berbeda agama dengan mayoritas pendukung PKB dari kalangan umat Islam dan Nahdlatul Ulama, Maha Biksu Dutavira mengingatkan terkait ibadah malam bagi kaum Muslim.

"Nah, makanya juga jangan lupa salat tahajud, karena itu adalah ibadah yang sangat bagus. Allah menyerukan itu kan di Islam. Islam juga mengajarkan puasa, itu sangat indah," ujar Maha Biksu Dutavira yang disambut gelak tawa dan tepuk tangan peserta Dialog Kebangsaan.

Sebab, kata dia, setiap manusia membutuhkam agama.

"Agama itu adalah kendaraan manusia untuk menuju surga. Coba kalau tanpa agama, kayak mobil gak ada bensinnya. Gak bisa jalan," pesan dia.

4. Para tokoh yang hadir

Hadir di Acara PKB, Maha Biksu Dutavira Memuji Cak Imin dan NUIDN Times/Denisa Tristianty

Mereka yang datang dalam Dialog Kebangsaan ini, antara lain adalah Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Ashiddiqie, Wakil Ketua Umum NU, Assad Said Ali, Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, Menpora Imam Nahrawi, Gus Muwafiq, Wakil  Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), Budi Suniarto, Wakil SMTI Gunadi, dan lain-lain.

"Kami mendukung Dialog Kebangsaan ini dilakukan di banyak daerah," ucap Jimly Ashiddiqie.

Baca Juga: PDI-P Diduga Curi Suara Pileg 2019, PKB Siap Ajukan Gugatan ke MK

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya