Comscore Tracker

Cegah Abrasi, 3.000 Pohon Mangrove Ditanam di Teluk Jakarta 

Mangrove berfungsi untuk mencegah abrasi dan bencana banjir

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 3.000 pohon mangrove ditanam di Teluk Jakarta, tepatnya di kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk (PIK), Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (2/10/2022).

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, mengatakan, penanaman mangrove yang digagas oleh AEON Environmental Foundation tersebut merupakan salah satu upaya restorasi Teluk Jakarta.

“Kami mengapresiasi dan mendukung terus kegiatan ini karena ada 13 sungai yang bermuara ke di Teluk Jakarta, kalau tidak ada restorasi seperti penanaman pohon mangrove ini maka akan menjadi hancur dan mendatangkan musibah di kemudian hari,” kata Ali dikutip dari siaran pers, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: 5 Hutan Mangrove Terluas di Dunia, Termasuk Indonesia!

1. Masyarakat harus bantu rawat pohon mangrove

Cegah Abrasi, 3.000 Pohon Mangrove Ditanam di Teluk Jakarta Penanaman pohon mangrove di kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk (PIK), Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (2/10). (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Ali pun mengimbau masyarakat untuk ikut merawat pohon mangrove yang sudah tumbuh. Caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, termasuk membuangnya ke sungai.

“Menanam itu sulit, apalagi merawatnya. Jadi jaga betul buang sampah karena sampah yang dibuang sembarang dapat mencemari juga di sini,” ujarnya.

Baca Juga: 14 Persen dari 7.800 Ton Sampah Jakarta adalah Plastik 

2. Pohon mangrove tahan abrasi pesisir Jakarta dan pulihkan pencemaran udara

Cegah Abrasi, 3.000 Pohon Mangrove Ditanam di Teluk Jakarta Penanaman pohon mangrove kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk (PIK), Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (2/10). (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Ali mengatakan, pohon mangrove yang ditanam di pesisir Jakarta memiliki sejumlah manfaat. Antara lain menahan abrasi hingga memulihkan pencemaran udara.

“Pohon mangrove ini bagus selain untuk memulihkan pencemaran air dan daunnya bagus untuk memulihkan polusi udara," kata dia.

Oleh karena itu, Ali pun berharap penanaman mangrove yang dilakukan AEON dapat diikuti stakeholder lain. Terlebih ada sepanjang 35 kilometer garis pantai Jakarta Utara yang perlu dijaga.

Baca Juga: Menteri LHK dan Menteri Norwegia Tanam Bibit Mangrove di Sotek

3. Berharap wilayah Jakarta Utara bisa terhindar dari banjir

Cegah Abrasi, 3.000 Pohon Mangrove Ditanam di Teluk Jakarta Penanaman mangrove di kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk (PIK), Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (2/10). (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Sementara itu, Executive Officer of ASEAN Business Divition AEON Co.Ltd, Okazaki Soichi, berharap kegiatan yang dilakukan pihaknya dapat membantu area Jakarta Utara terhindar dari bencana alam.

“Kami berharap dengan suburnya pohon mangrove di area ini, sedikitnya wilayah pesisir Jakarta Utara dapat terhindar dari dampak negatif yang disebabkan oleh banjir maupun bencana alam lainnya," kata dia.

Selain itu, wilayah tersebut juga bisa lebih hijau dengan adanya mangrove yang telah ditanam tersebut.

Adapun AEON Environmental Foundation bersama relawan telah menanam lebih dari 12 juta pohon mangrove di seluruh dunia.

Sebanyak 83 ribu pohon mangrove di antaranya telah ditanam di Indonesia yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2011 hingga 2019.

Baca Juga: Bandar Lampung Bakal Punya Wisata Jalan Kaki Hutan Mangrove

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya