Denah Lokasi Penembakan Brigadir J di Rumah Kadiv Propam Ferdy Sambo 

Rumah Kadiv Propam terlihat dari pos keamanan

Jakarta, IDN Times - Peristiwa saling tembak antar ajudan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo menewaskan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Brigadir J yang merupakan anggota Polri sekaligus sopir istri Ferdy Sambo, tewas di tangan rekannya sendiri sesama ajudan, yakni Bharada E.

Kasus penembakan tersebut terjadi di rumah dinas Ferdy Sambo yang berada di Komplek Polri, Duren Tiga Utara 1, Nomor 46, Jakarta Selatan, pada Jumat (8/7/2022).

Polisi pun telah membentuk tim khusus untuk mengungkap kasus tersebut. Pasalnya, banyak kejanggalan dalam kasus itu yang menimbulkan tanda tanya. Mulai dari lokasi kejadian, keberadaan CCTV, hingga suara tembakan yang tak terdengar warga sekitar.

Berdasarkan pantauan IDN Times, berikut adalah gambaran denah lokasi peristiwa penembakan tersebut:

Denah Lokasi Penembakan Brigadir J di Rumah Kadiv Propam Ferdy Sambo Peta Kasus Penembakan Brigadir Yosua (IDN Times/Aditya Pratama)

1. Rumah Kadiv Propam terlihat dari pos keamanan

Denah Lokasi Penembakan Brigadir J di Rumah Kadiv Propam Ferdy Sambo Olah TKP kasus penembakan ajudan Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Kalibata. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lokasi rumah dinas Kadiv Propam yang menjadi lokasi kejadian, dapat terlihat dari pos keamanan komplek tersebut.

Posisi rumah dan pos keamanan tampak berseberangan meskipun jaraknya tidak terlalu jauh, sekitar 100 meter

Namun saat kejadian baku tembak berlangsung, warga sekitar tidak mendengar adanya suara letusan senjata api. Termasuk dari pos keamanan tersebut.

Baca Juga: Ini Sosok Brigadir J yang Tewas dalam Baku Tembak di Rumah Ferdy Sambo

Baca Juga: Peti Mati Sempat Tak Dibuka, Ayah Brigadir J: Buka, Buka, Buka!

2. Posisi Brigadir J dan Bharada E saat baku tembak

Denah Lokasi Penembakan Brigadir J di Rumah Kadiv Propam Ferdy Sambo Olah TKP kasus penembakan ajudan Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Kalibata. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kapolres Jakarta Selatan (Jaksel), Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, mengatakan, kejadian baku tembak terjadi setelah Bharada E yang tengah berada di lantai 2 rumah turun ke lantai 1 karena mendengar teriakan istri Kadiv Propam.

Saat turun, Bharada E melihat Brigadir J sedang berada di luar kamar istri Kadiv Propam yang ada di lantai 1 tersebut. Dia juga menanyakan apa yang terjadi. Namun, Brigadir J yang panik, menjawab pertanyaan Bharada E dengan melepaskan tembakan ke arah Bharada E.

Brigadir J, diduga melecehkan istri Kadiv Propam di dalam kamar tersebut dan menodongkan senjata kepadanya. Hal itu pula yang menyebabkan istri Kadiv Propam berteriak dan mengundang perhatian Bharada E.

“Saat kami laksanakan olah TKP, kami menemukan seorang yang sudah tergeletak dengan berlumuran darah berada di dekat tangga naik ke atas, tepatnya arah masuk kamar mandi yang ada di bawah tangga,” kata Budhi di Polres Metro Jaksel, Selasa (12/7/2022).

3. CCTV di lokasi yang rusak

Denah Lokasi Penembakan Brigadir J di Rumah Kadiv Propam Ferdy Sambo CCTV di Komplek Polri Duren Tiga (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Di rumah dinas yang menjadi lokasi baku tembak tersebut, terdapat beberapa CCTV terpasang. Antara lain yang terpasang di gerbang utama dan belakang rumah dinas tersebut.

Namun, CCTV yang terpasang, diketahui mengalami kerusakan sejak dua minggu sebelum kejadian baku tembak tersebut.

"Kami juga mendapatkan bahwa di rumah tersebut memang kebetulan CCTV-nya rusak sejak dua minggu lalu sehingga tidak kami dapatkan (bukti)," kata Budhi.

Oleh karena itu, pihaknya pun tidak bisa membuktikan dugaan pelecehan yang dilakukan Brigadir J kepada istri Kadiv Propam, sebagaimana permintaan keluarga Brigadir J.

Baca Juga: Kondisi Terkini Istri Ferdy Sambo, Pengacara: Dalam Perawatan Intensif

Baca Juga: Olah TKP ke-4 di Rumah Irjen Ferdy Sambo Berlangsung 2,5 Jam

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya