Ini Sosok Brigadir J yang Tewas dalam Baku Tembak di Rumah Ferdy Sambo

Brigadir J sudah tiga tahun bertugas bersama Ferdy Sambo

Jakarta, IDN Times - Sosok Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat tewas dalam baku tembak dengan Bharada E di rumah dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022) sore. Namun insiden yang menewaskan Brigadir J itu baru terkonfirmasi Senin (11/7/2022). 

Tante Brigadir J, Rohani Simajuntak, mengatakan, keponakannya itu memiliki hubungan yang baik dengan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo dan keluarganya. Ia juga dikenal sebagai orang yang jujur dan dapat dipercaya. 

Lantas seperti apa sosok Brigadir J? Berikut rangkuman IDN Times, Jumat (15/7/2022).

1. Brigadir J sudah 3 tahun bertugas bersama Ferdy Sambo

Ini Sosok Brigadir J yang Tewas dalam Baku Tembak di Rumah Ferdy SamboKepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam), Irjen Ferdy Sambo (humas.polri.go.id)

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan, Brigadir J sudah bertugas bersama Ferdy Sambo sejak Ferdy menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri tahun 2019.

Dari hasil penelusuran, Brigadir J juga disebut telah pindah tugas pada 2020 untuk masuk ke bagian Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam). Dengan demikian, Brigadir J pun kurang lebih sudah 3 tahun ikut bertugas dalam satu wadah yang sama dengan Ferdy Sambo.

"Anggota pidum, ya anggota (saat Ferdy Sambo menjabat) Dirtipidum," ujar Ramadhan kepada wartawan, di Mabes Polri Jakarta Selatan, Rabu (13/7/2022).

"Beliau (Brigadir J) kan mutasi ke Propam ya," tambahnya.

Baca Juga: Keluarga: Brigadir J Dekat dengan Ferdy Sambo

Baca Juga: Sosok Brigadir J, Tugas Bersama Kadiv Propam Ferdy Sambo Sejak 2019

2. Mendapatkan perlakuan baik dari Ferdy Sambo dan istri

Ini Sosok Brigadir J yang Tewas dalam Baku Tembak di Rumah Ferdy SamboKepolisian menggelar olah TKP terkait kasus polisi tembak polisi di kediaman Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Rabu (13/7/2022). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurut Rohani, Brigadir J, mendapatkan perlakuan baik dari Ferdy Sambo serta istrinya. Brigadir J juga dipercaya membeli kebutuhan sehari-hari keluarga Irjen Ferdy Sambo.

Oleh karena itu, dia meyakini bahwa keponakannya itu tidak memiliki masalah dengan Kadiv Propam.

"Tidak pernah ceritakan masalah. Kalau ditanya, dia jawab 'baik di sana, Mak. Tenang di sini'. Itu kata dia. Dia orangnya jujur, baik. Dia dekat dengan jenderal itu juga dengan keluarganya," katanya saat bicara kepada awak media di kediaman keluarga Brigadir J di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Selasa (12/07/2022).

3. Sudah punya pacar dan berencana akan menikah

Ini Sosok Brigadir J yang Tewas dalam Baku Tembak di Rumah Ferdy SamboIlustrasi Menikah Muda (IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar)

Jika Brigadir J disebut melecehkan istri Ferdy Sambo, pihak keluarga pun menganggap hal tersebut mustahil. Menurut keluarga, Brigadir J sudah mempunyai kekasih dan akan menikah. 

"Mustahil itu. (Brigadir J) baik, dan menghormati atasannya," kata Rohani, Selasa (12/7/2022).

Hubungan Brigadir J dan kekasihnya pun sudah berlangsung selama 8 tahun. 

"Ada rencana mau menikah tujuh bulan yang akan datang," lanjutnya.

4. Sebagai sopir istri Ferdy Sambo

Ini Sosok Brigadir J yang Tewas dalam Baku Tembak di Rumah Ferdy SamboIlustrasi mobil (IDN Times/Umi Kalsum)

Berdasarkan informasi yang disampaikan Humas Polri, Brigadir J merupakan anggota Bareskrim yang ditugaskan sebagai sopir dinas istri Kadiv Propam. Tak heran jika Brigadir J bisa berada di dalam rumah ataupun leluasa ke dalam rumah Ferdy Sambo.

"Dia ditugaskan sebagai sopir Ibu Kadiv Propam," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Senin (11/7/2022).

5. Brigadir J merupakan warga Jambi dan sudah 2 tahun jadi ajudan Ferdy Sambo

Ini Sosok Brigadir J yang Tewas dalam Baku Tembak di Rumah Ferdy SamboOlah TKP kasus penembakan ajudan Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Kalibata. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Brigadir J alias Yosua merupakan warga Jambi, tepatnya berasal dari Kecamatan Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Brigadir J adalah lulusan dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Jambi tahun 2012.

Jika dilihat dari keterangan Rohani Simanjuntak, Brigadir J ternyata sudah bertugas selama dua tahun sebagai ajudan Ferdy Sambo.

Baca Juga: Peti Mati Sempat Tak Dibuka, Ayah Brigadir J: Buka, Buka, Buka!

Baca Juga: Ayah Brigadir J: Semoga Tuhan Beri Jalan Terkait Usaha Polri

6. Brigadir J merupakan anak yang tulus

Ini Sosok Brigadir J yang Tewas dalam Baku Tembak di Rumah Ferdy SamboOlah TKP kasus penembakan ajudan Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Kalibata. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Facebook, terlihat ibunda Brigadir J duduk lemas dengan air mata kesedihan yang tak dapat disembunyikan. Ia mengatakan, anaknya merupakan orang yang tulus.

"Oh Tuhanku, tolong hidupkan anakku ini. Anakku yang sungguh tulus ini. Mama yang mandirikan anak ini dari kecil, kenapa dia harus pergi?" ucapnya.

7. Brigadir J pernah jadi sniper handal saat bertugas di Jambi

Ini Sosok Brigadir J yang Tewas dalam Baku Tembak di Rumah Ferdy SamboIlustrasi Penembak (IDN Times/Mardya Shakti)

Brigadir J ternyata pernah menjadi penembak jitu saat bertugas di Jambi. Ia pernah ditempatkan di daerah rawan.

Samuel Hutabarat, ayah Brigadir J mengatakan, putra keduanya itu pernah bertugas di Merangin, Jambi, usai lulus pendidikan di SPN Polda Jambi pada 2012. Polisi muda ini menjadi penembak jitu di daerah tersebut.

"Dia sempat ditempatkan di daerah yang rawan seperti Bangko dan Pemenang. Dia menjadi sniper," katanya pada Kamis (14/7/2022).

8. Sosok berjuang yang pernah bertugas di Papua

Ini Sosok Brigadir J yang Tewas dalam Baku Tembak di Rumah Ferdy SamboSuasana rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (15/7/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ayah Brigadir J menyampaikan, Brigadir J juga pernah dikirim ke Papua untuk bertugas di sana. Kepindahan Brigadir J ke wilayah Indonesia timur itu sempat membuat pihak keluarga khawatir.

"Baru tiga bulan bertugas, ia sudah dikirim ke Papua. Saya waswas. Saat ia mau berangkat, bukan duit yang saya kasih tapi Al Kitab. 'Tuhan berkati kau nak,' kata saya waktu itu," ujar Samuel. 

9. Anak yang membanggakan keluarga

Ini Sosok Brigadir J yang Tewas dalam Baku Tembak di Rumah Ferdy Samboilustrasi keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Sosok Brigadir J terus membuat ayah dan keluarganya bangga.

Setelah tiga tahun, bertugas di Brimob Polda Jambi, pada 2019 akhir, ia ditarik ke Mabes Polri untuk menjadi ajudan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo.

Hal itu turut membuat ayahnya semakin bangga.

10. Anak pasangan petani dan guru

Ini Sosok Brigadir J yang Tewas dalam Baku Tembak di Rumah Ferdy SamboIlustrasi menikah (IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar)

Menurut Rohani Simanjuntak, keponakannya itu bekerja dengan baik sehingga mendapat kepercayaan menjadi ajudan Kadiv Propam Polri.

"Dilihat Yosua bagus. Sehingga Pak Ferdy Sambo, Kadiv Propam, menarik Yosua jadi ajudan," tuturnya.

Brigadir J merupakan anak kedua dari pasangan ibu yang berprofesi sebagai guru dan ayah yang kesehariannya jadi petani. Kata Rohani, Brigadir J merupakan sosok yang lembut di mata keluarga.

Baca Juga: Kesehatan Ibu Brigadir J Menurun; Pucat dan Tak Berhenti Menangis 

Baca Juga: Sepak Terjang Brigadir J, Sopir Istri Ferdy Sambo Sudah 2 Tahun Tugas 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya