Lalu Lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Tersendat Jelang Rest Area

pengendara kesulitan parkir karena rest area penuh

Jakarta, IDN Times - Arus lalu lintas menuju Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek padat pada Minggu (14/4/2024). Antrean kendaraan terlihat di sekitar rest area.

"Antreannya cukup panjang untuk masuk rest area," kata seorang pemudik yang menuju Jakarta, Aminudin, di rest area KM 42 Jalan Tol Jakarta Cikampek, dikutip dari ANTARA Minggu.

Aminudin mengatakan, para pengendara yang dapat masuk ke rest area juga kesulitan mencari ruang kosong untuk parkir.

Baca Juga: 3 Kecelakaan Maut di Tol Jakarta-Cikampek, Belasan Nyawa Melayang

1. Penumpukan kendaraan di rest area

Lalu Lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Tersendat Jelang Rest AreaSuasana di jalur tol Jakarta-Cikampek dari Kantor Jasa Marga, Cikampek (IDN Times/Lia Hutasoit)

Aminudin menyebut, antrean kendaraan yang hendak masuk rest area KM 42 jalan Tol Jakarta-Cikampek cukup panjang pada Minggu sore.

Antrean kendaraan meluber ke bahu jalan tol dan membuat arus lalu lintas tersendat. Apalagi, ada banyak kendaraan yang keluar dari rest area.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Tol Cikampek, Menhub: Ada Keterlibatan Travel Gelap

2. Lalu lintas di Jalan Tol Jakarta Cikampek padat

Lalu Lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Tersendat Jelang Rest AreaSejumlah kendaraan melintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang-Batang, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/4/2024). Pemerintah bersama Korlantas Polri menerapkan skema lalu lintas satu arah (one way) dari Tol Trans Jawa KM 414 GT Kalikangkung Semarang-Batang sampai dengan KM 72 ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Sabtu (13/4) dimulai pukul 15.00 WIB dan untuk tanggal 14-16 April 2024 selama 24 jam guna memperlancar arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. (ANTARA/Makna Zaezar)

Kepala Seksi Humas Polres Karawang Ipda Kusmayadi mengatakan, arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek cukup padat hari ini. Kendaraan yang melintasi jalan tol hanya bisa memacu kecepatan sekitar 40-60 kilometer per jam.

Kusmayadi mengamini arus lalu lintas tersendat menjelang rest area. Menurutnya, volume kendaraan saat arus balik terus meningkat di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Namun, Kusmayadi memastikan arus lalu lintas masih terpantau lancar.

3. 198.063 kendaraan lewat GT Cikampek Utama

Lalu Lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Tersendat Jelang Rest AreaGerbang Tol Cikampek Utama (Dok Jasa Marga)

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol menyampaikan, sebanyak 198.063 kendaraan masuk adri wilayah timur TransJawa melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama pada H+1 dan H+2.

Jumlah kendaraan yang melewati GT Cikampek Utama itu naik 93,45 persen dibandingkan lalu lintas normal, sebanyak 102.385 kendaraan.

Sedangkan kendaraan menuju wilauah Timur TransJawa sebanyak 191.785 kendaraan. Jumlah itu naik 75,14 persen dari lalu lintas normal, sebanyak 109.501 kendaraan.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya