Presiden dan Wapres Hadiri Pertunjukan Angklung Terbesar di Dunia

Pertunjukan angklung pecahkan rekor dunia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri pagelaran angklung terbesar di dunia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (5/8/2023). Pertunjukan itu digelar untuk memecahkan rekor dunia.

Acara tersebut digelar Organisasi Aksi Solidaritas era Kabinet Maju (OASE KIM) sebagai bagian dari perayaan menjelang Hari Kemerdekaan ke-78 RI. Kegiatan itu diikuti 15.000 pemain angklung.

Selain Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, acara itu dihadiri para menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala lembaga negara, dan masyarakat.

Baca Juga: Tari Reog, Penampilan Angklung, Hingga Senam Sicita Ramaikan BBK 2023

1. Pecahkan Guinness World Records

Presiden dan Wapres Hadiri Pertunjukan Angklung Terbesar di Duniasydneyolympicpark.com.au

Pertunjukan angklung itu sukses memecahkan rekor dunia dan dicatat dalam Guiness World Records (GWR).

"Indonesia telah mencapai Guinness World Records dengan 15.110 orang," kata penilai resmi GWR Sonia seperti dikutip dari ANTARA, Sabtu.

Sertifikat rekor dunia itu diserahkan perwakilan GWR kepada Tri Tito Karnavian, perwakilan OASE KIM sebagai penyelenggara kegiatan. Setelah itu, Tri Tito Karnavian menyerahkan sertifikat kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Baca Juga: Bangga! Saung Angklung Udjo Hibur Suporter Piala Dunia 2022 di Qatar

2. Ribuan pemain angklung mainkan lagu Berkibarlah Benderaku

Presiden dan Wapres Hadiri Pertunjukan Angklung Terbesar di Duniamain angklung (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Dalam pertunjukan tersebut, para pemain angklung memainkan lagu Berkibarlah Benderaku ciptaan Saridjah Niung atau yang lebih dikenal Ibu Sud.

Selain itu, para pemain angklung membawakan lagu yang dipopulerkan salah satu band beraliran rock, Scorpions. Lagu berjudul Wind of Change itu bergema di SUGBK.

Baca Juga: 5 Jenis Angklung di Indonesia, Bagian dari Upacara Adat

3. Pecahkan rekor yang dibuat KBRI untuk AS dan BKPM

Presiden dan Wapres Hadiri Pertunjukan Angklung Terbesar di DuniaIlustrasi angklung (pixabay.com/Tri Yugo Wicaksono)

Rekor pertunjukan angklung terbesar di dunia sebelumnya diselenggarakan Kedutaan Besar RI untuk Amerika Serikat dan Badan Kerja Sama Penanaman Modal (BKPM) di Washington DC pada 2011.

Pada kegiatan itu, sebanyak 5.182 orang dari berbagai bangsa memainkan angklung. Kegiatan itu pun tercatat sebagai rekor dunia sebelumnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya