Dear Warga Depok, Jangan Panik soal Isu Kelangkaan Gas LPG 3 Kg

Stok gas LPG 3 kg di Depok masih aman

Depok, IDN Times - Hiswana Migas Kota Depok telah memastikan ketersediaan gas di Depok aman dan tersedia untuk masyarakat. Hiswana Migas telah melakukan pengecekan untuk mencegah panic buying menyusul beredarnya isu kelangkaan gas tiga kilogram.

Ketua DPC Hiswana Migas Kota Depok, Ahmad Badri, mengatakan gas tiga kilogram atau gas bersubsidi di Kota Depok masih tersedia untuk masyarakat. Hal itu tidak terlepas dari upaya Hiswana menjaga ketersediaan gas untuk kebutuhan masyarakat.

"Gas tiga kilogram masih tersedia di pangkalan, jadi masyarakat tidak perlu panic buying," ujar Badri kepada IDN Times, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: Gas 3 Kg Langka di Banyuwangi Bikin Warga Terpaksa Pakai Gas Kaleng

1. Sebulan tersedia dua juta tabung gas tiga kilogram

Dear Warga Depok, Jangan Panik soal Isu Kelangkaan Gas LPG 3 KgKetua DPC Hiswana Migas Depok, Ahmad Badri menerangkan terkait penggunaan gas tiga kilogram di Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Badri menuturkan, Hiswana Migas Kota Depok telah mengecek ke sejumlah pangkalan di Kota Depok bersama Pertamina dan Pemerintah Kota Depok. Hasilnya, tidak ada kelangkaan pasokan di pangkalan, sehingga berimbas pada kebutuhan masyarakat.

"Kita sudah cek kemarin, gas masih tersedia untuk masyarakat," tutur dia.

Diketahui, setiap bulan Hiswana Migas Kota Depok mengalokasikan dua juta tabung gas untuk masyarakat. Jumlah tersebut dinilai mencukupi untuk memenuhi kebutuhan LPG tiga kilogram untuk masyarakat.

"Saya rasa jumlah tersebut sangat mencukupi, bahkan saat hari besar keagamaan, kita pun melakukan penambahan kuota sesuai kebutuhan," terang Badri. 

2. Disalurkan dan tersedia di 1.100 pangkalan

Dear Warga Depok, Jangan Panik soal Isu Kelangkaan Gas LPG 3 KgIlustrasi tabung gas (LPG) 3 kilogram subsidi Pertamina. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Selain memeriksa ketersediaan gas di pangkalan, Hiswana Migas Kota Depok mengecek harga. Berdasarkan peninjauan, harga jual gas tiga kilogram masih sesuai dan tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Harganya masih Rp19 ribu di pangkalan, jadi masyarakat tidak resah akan isu kelangkaan," ucap Badri.

Badri menjelaskan, Hiswana Migas Kota Depok telah mendistribusikan dua juta tabung melalui 43 agen dan 1.100 pangkalan di 11 kecamatan. Nantinya masyarakat Depok dapat membeli gas LPG ke pangkalan yang telah tersedia.

"Jadi saya rasa sudah cukup sesuai dan tersedia di masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: Tindak Lanjuti Kelangkaan, Bupati Kediri Larang P3K-ASN Beli Gas 3 Kg

3. Pemkot Depok pastikan ketersediaan gas

Dear Warga Depok, Jangan Panik soal Isu Kelangkaan Gas LPG 3 KgGas LPG. (dok. PT Pertamina Pesero)

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok, Dudi Miraz Imaduddin, mengatakan Kota Depok tidak mengalami kelangkaan gas dan menepis adanya isu kelangkaan gas LPG tiga kilogram. Hal itu dipastikan setelah Pemkot Depok melakukan peninjauan secara langsung ke pangkalan.

"Alhamdulillah, ketersediaan LPG 3 kilogram aman di Kota Depok, jadi tidak terjadi kelangkaan seperti di wilayah lain," ujar dia.

Mantan Camat Limo tersebut menuturkan, agen gas LPG secara rutin mendistribusikan gas ke pangkalan di bawah pengawasan Hiswana Migas Kota Depok. Pihaknya akan terus memastikan ketersediaan gas dan rutin berkoordinasi dengan Hiswana Migas Kota Depok.

"Jadi masyarakat tidak perlu panik, kami sudah mendatangi agen dan ketersediaan gas dipastikan aman untuk kebutuhan masyarakat," tutup Dudi. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya