Depok Dilanda Hujan Deras dan Angin, Ada Banjir dan Pohon Tumbang

Banjir genangi Komplek Marinir Rangkepan Jaya Baru

Depok, IDN Times - Hujan deras disertai angin kembali terjadi di sejumlah wilayah Kota Depok pada Sabtu (15/10/2022). Akibatnya, sejumlah akses jalan utama sampai permukiman warga tergenang banjir dan pohon tumbang. Hal itu menyebabkan kemacetan.

Kabid Penanggulangan Bencana pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok Denny Romulo mengatakan, hujan deras yang sudah terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, menyebabkan terjadinya genangan air di sejumlah titik jalan.

DPKP Kota Depok pun langsung menerjunkan anggotanya untuk melakukan pengecekan laporan warga terkait banjir.

"Kami sudah menurunkan anggota dan membantu warga yang terkena banjir," ujar Denny saat dihubungi IDN Times.

1. Pengendara motor mogok saat melintasi banjir

Depok Dilanda Hujan Deras dan Angin, Ada Banjir dan Pohon TumbangKabid Penanggulangan Bencana DPKP Kota Depok, Denny Romulo. (Istimewa)

Denny menuturkan, banjir terpantau di Jalan Raya Margonda tepatnya setelah SPBU dari arah lampu merah Juanda menuju Universitas Indonesia. Banjir di lokasi tersebut memiliki ketinggian mencapai 25 sentimeter. Hal itu membuat banyak pengendara terjebak banjir.

"Ada beberapa sepeda motor yang mogok karena banjir," kata Denny.

Sejumlah pengendara yang ingin melintas, khususnya pengendara sepeda motor terpaksa menepi menunggu banjir surut. Setelah surut, kendaraan sepeda motor sudah dapat melintasi titik lokasi banjir di Jalan Raya Margonda.

"Iya sekarang sudah surut, mungkin buangan air kecil. Namun, limpahan air cukup banyak sehingga menggenangi lokasi itu," ujar Denny.

Baca Juga: Dua Lagu Baru Wali Kota Depok Menggema di Yonhub Cimanggis Depok

2. Pohon tumbang di Jalan Raya Kartini

Depok Dilanda Hujan Deras dan Angin, Ada Banjir dan Pohon TumbangPohon tumbang di Jalan Raya Kartini menyebabkan kemacetan dari arah Margonda menuju Citayam, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (Istimewa)

Selain itu, banjir terjadi di Jalan Arif Rahman Hakim atau tepatnya setelah fly over dari arah Margonda menuju Sawangan. Lokasi tersebut kerap tergenang air apabila intensitas hujan cukup tinggi.

"Iya genangan air juga dilaporkan terjadi di ARH karena di lokasi tersebut rawan terjadi genangan," kata Denny.

Bahkan saat hujan deras terjadi, ada pohon tumbang di Jalan Raya Kartini, tidak jauh dari pintu keluar Stasiun Depok. Pohon tersebut hampir menutup Jalan Raya Kartini dari arah Margonda menunju Citayam.

"Satu pohon yang tumbang, lokasinya di Jalan Raya Kartini tadi lalu lintas sempat tersendat," bebernya.

3. Komplek Marinir kebanjiran imbas limpahan Kali Pesanggrahan

Depok Dilanda Hujan Deras dan Angin, Ada Banjir dan Pohon TumbangJalan lingkungan di Komplek Marinir Rangkapan Jaya Baru tergenang banjir luapan Kali Pesanggrahan, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (Istimewa)

Banjir juga turut terjadi di wilayah Permukiman Komplek Marinir Kelurahan Rangkapan Jaya Baru. Genangan air yang cukup tinggi di lokasi tersebut, menggenangi jalan lingkungan dan sebagian masuk ke area rumah warga.

"Iya di komplek Marinir juga banjir ketinggian mencapai 25 sentimeter," ujar Denny menjelaskan.

Denny tidak mengungkapkan secara rinci jumlah rumah warga yang terdampak banjir di Komplek Marinir. Namun, dia memastikan banjir tersebut terjadi akibat luapan aliran air kali yang tidak jauh dari permukiman warga.

"Air itu berasal dari Kali Pesanggrahan yang tidak mampu menampung debit air," kata Denny.

 

Baca Juga: Turap Kali Sitamu Jebol, Permukiman Warga di Depok Terendam Banjir

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya