Hujan Turun, Ratusan Rumah Warga Depok Terendam Banjir Lagi

Banjir disebabkan Kali Jantung yang menyempit

Depok, IDNTimes - Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Depok sepanjang Kamis (30/11/2023) sore hingga malam, mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir, salah satunya adalah Perumahan Tirta Mandala, Cilodong. Ratusan rumah di sana terendam akibat dari luapan Kali Jantung. 

Banjir ini sebenarnya sudah diprediksi warga. Salah seorang warga, Sanusi mengatakan banjirnya tak bisa dihindari karena debit air tak bisa ditampung lagi oleh Kali Jantung.

"Awalnya sudah menduga, kalau hujan deras akan banjir, ternyata benar rumah saya secara perlahan mulai dimasuki air dari luapan Kali Jantung," ujar Sanusi kepada IDN Times, Kamis (30/11/2023) malam.

1. Sebanyak 200 rumah terendam

Hujan Turun, Ratusan Rumah Warga Depok Terendam Banjir LagiSejumlah warga berusaha melintasi banjir di Perumahan Tirta Mandala, Cilodong, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Perumahan Tirta Mandala memang berada di dataran rendah dan dekat dengan Kali Jantung. Makanya, mereka menjadi wilayah langganan banjir ketika hujan deras atau air kiriman dari wilayah hulu Kali Jantung begitu besar debitnya.

Air kiriman dari hulu di Bogor, sulit ditampung oleh Kali Jantung, hingga meluap ke perumahan. Apalagi, ada bangunan turap yang dibangun lebih tinggi dibandingkan area perumahan. 

"Ada sekitar 200 rumah warga mengalami kebanjiran," tutur Sanusi.

Baca Juga: Banjir Melanda Mampang Depok, Lalu Lintas Terganggu

2. Kali juga alami pendangkalan

Hujan Turun, Ratusan Rumah Warga Depok Terendam Banjir LagiBanjir yang melanda di wilayah Perumahan Tirta Mandala, Cilodong, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Kali Jantung juga sudah mengalami pendangkalan. Kondisi inilah yang membuat air semakin sulit ditampung dan sering meluap ke perumahan warga.

"Di sini kalau banjir mulai dari 50 sentimeter hingga satu meter. Televisi atau barang elektronik lainnya, akhirnya saya pindahkan ke lantai dua rumah, kalau kendaraan ke area perumahan yang tidak terdampak banjir," ujar Sanusi.

Akibat banjir itu, sampah-sampah juga sampai masuk ke rumah warga. Febriansyah, warga lainnya di Perumahan Tirta Mandala, menduga sampah itu berasal dari Kali Jantung yang terbawa banjir.

"Awal banjir itu, banyak sampah terbawa aliran air, bahkan ada yang masuk ke teras rumah saya," ujar Febriansyah.

3. Pemkot Depok diminta turun tangan

Hujan Turun, Ratusan Rumah Warga Depok Terendam Banjir LagiWarga berusaha melintasi genangan air luapan Kali Jantung sehingga banjir terjadi di Perimahan Tirta Mandala, Cilodong, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Febriansyah meminta Pemerintah Kota Depok dapat mencari solusi untuk mencegah terjadinya banjir kembali di Perumahan Tirta Mandala. Salah satunya dengan melakukan normalisasi Kali Jantung yang mulai mengalami pendangkalan sehingga tidak dapat menampung air.

"Sebaiknya, dilakukan normalisasi Kali Jantung. Dengan begitu banjir tidak kembali dialami warga Tirta Mandala," kata Febriansyah. 

Baca Juga: DLH DKI Perluas Razia Uji Emisi hingga Depok dan Tangerang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya