Comscore Tracker

Insentif RT, RW, dan LPM di Depok Naik, Segini Besarannya

LPM akan mendapatkan insentif sebesar Rp750.000 per bulan

Depok, IDN Times - Pemerintah Kota Depok menaikkan jumlah insentif RT, RW, dan LPM dengan besaran yang berbeda di tiap tingkatan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, peningkatan insentif RT, RW, dan LPM telah dibahas bersama DPRD Kota Depok. Pembahasan tersebut dilakukan saat rapat bersama dengan TAPD.

"Sudah dibahas bersama Banggar dengan TAPD untuk RKPD 2021 salah satunya peningkatan insentif RT, RW, dan LPM," ujar Widyati, Minggu (7/2/2021).

1. Kenaikan untuk RT, RW, dan LPM berbeda besarannya

Insentif RT, RW, dan LPM di Depok Naik, Segini BesarannyaIDN Times/Irfan Fathurohman

Widyati mengungkapkan, pada tahun ini LPM akan mendapatkan insentif sebesar Rp750.000 per bulan, sebelumnya Rp350.000 atau ada kenaikan sebesar Rp400.000. Untuk RW, intensif yang akan diterima sebesar Rp500.000 per bulan yang sebelumnya sebesar Rp250.000 atau peningkatan sebanyak 100 persen.

"Begitu juga dengan RT akan mendapatkan Rp300.000 perbulan yang sebelumnya Rp200.000 atau penambahan tahun ini dari tahun lalu sebesar Rp100.000," terang Widyati.

Pemberian insentif kepada RT, RW, dan LPM akan diberikan melalu rekening yang sudah didaftarkan sebelumnya. Pemerintah Kota Depok akan memberikan insentif melalui bank yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok.

Baca Juga: Transaksi Pakai Mata Uang Dirham, Pasar Muamalah Depok Disegel Polisi

2. Insentif RT, RW, dan LPM ditujukan untuk operasional

Insentif RT, RW, dan LPM di Depok Naik, Segini BesarannyaWali Kota Depok, Mohammad Idris (IDN Times/Dicky)

Widyati menjelaskan, pemberian insentif dari Pemerintah Kota Depok ditujukan membantu operasional pengurus RT, RW, dan LPM kepada masyarakat. Menurutnya, bantuan insentif yang diberikan dapat memudahkan program kerja antara pengurus RT, RW, dan LPM dengan masyarakat.

"Pengurus RT, RW, dan LPM merupakan kepanjangan tangan program pemerintah dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat," ucap Widyati.

Walaupun jumlah yang diberikan di tiap bulannya tidak besar, pemkot berharap dapat memberikan dukungan dan meringankan beban biaya pengurus RT, RW, dan LPM. 

3. Mendapat apresiasi pengurus lingkungan

Insentif RT, RW, dan LPM di Depok Naik, Segini BesarannyaIDN Times/Irfan Fathurohman

Ketua LPM Kelurahan Duren Mekar, Ahmad Khairul Kafi mengatakan, peningkatan jumlah pemberian bantuan insentif dari Pemerintah Kota Depok kepada pengurus RT, RW, dan LPM dinilai tepat. Menurutnya, tidak sedikit pengurus RT dan RW yang harus mengeluarkan dana pribadinya untuk menopang kebutuhan dalam melayani masyarakat.

"Banyak kegiatan kemasyarakat yang membutuhkan biaya sehingga pengurus RT dan RW mengeluarkan uang pribadi," ujar Kahfi.

Kahfi menuturkan, bantuan insentif yang diberikan Pemerintah Kota Depok dapat meringankan beban pengeluaran kas pengurus lingkungan. Apalagi situasi pandemik COVID-19, banyak warga membutuhkan bantuan dan penanganan, sehingga pengurus RT dan RW membutuhan dukungan bantuan.

"Bahkan untuk membantu warga yang melakukan isolasi mandiri pemenuhan kebutuhan selain dari kamupng siaga pengurus RT dan RW mengeluarkan dana pribadi untuk mencukupi kebutuhan warganya yang melakukan isolasi mandiri maupun kegiatan sosial lainnya," ujar Kahfi.  

Baca Juga: Viral di TikTok, Jalan Buntu Berujung Kuburan di Depok Jadi Perhatian

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya