Kebakaran RS Hermina Depok, Pasien Sempat Dievakuasi ke Halaman

Asap merambat ke lantai bawah

Depok, IDNTimes - Rumah Sakit Hermina Depok alami kebakaran pada Sabtu (22/7/2023) malam. Pasien yang menjalani perawatan kesehatan terpaksa di evakuasi keluar ruangan perawatan rumah sakit yang berada di Jalan Siliwangi, Pancoran Mas, Depok. 

Salah seorang keluarga pasien, Rahman, mengatakan bahwa saat itu dia sedang berjaga di ruangan lantai tiga RS Hermina. Rahman berjaga karena pamannya dirawat di rumah sakit sebab gangguan kesehatan.

"Pas kejadian saya mendengar dari petugas rumah sakit kalau lantai atas terjadi kebakaran," ujar Rahman saat ditemui IDNTimes di halaman belakang rumah sakit.

1. Pasien di evakuasi keluar ruangan

Kebakaran RS Hermina Depok, Pasien Sempat Dievakuasi ke HalamanSejumlah pasien di evakuasi saat kebakaran terjadi di RS Hermina Depok, Jalan Raya Siliwangi, Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Rahman mengungkapkan, usai mendengar informasi dari petugas rumah sakit, Rahman melakukan pengecekan untuk memastikan informasi tersebut. Usai memastikan peristiwa tersebut, Rahman berusaha membawa pamannya yang terbaring di kasur.

"Beruntung kasurnya terdapat roda sehingga dapat dibawa untuk keluar ruangan," ungkap Rahman.

Dibantu petugas rumah sakit, Rahman membawa pamannya ke ruangan terbuka dan diarahkan ke halaman belakang rumah sakit. Tidak luput Rahman turut membawa cairan infus yang terpasang ditangan pamannya dan sejumlah barang berharga lainnya. 

"Saya langsung dorong paman saya kebawah karena tidak ingin mengambil resiko," terang Rahman.

Baca Juga: Warung di Pasar Rebo Kebakaran, 55 Personel Damkar Diterjunkan

2. Asap sempat memasuki ruangan lantai tiga

Kebakaran RS Hermina Depok, Pasien Sempat Dievakuasi ke HalamanSejumlah pasien di evakuasi saat kebakaran terjadi di RS Hermina Depok, Jalan Raya Siliwangi, Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Saat keluar ruangan, Rahman melihat keluarga pasien lain turut mengevakuasi keluarganya yang sedang dirawat di RS Hermina Depok. Bahkan, terdapat pasien yang menggunakan bantuan oksigen dievakuasi keluar ruangan.

"Ada yang masih menggunakan oksigen, tabungnya ikut di bawa ke bawah rumah sakit," ucap Rahman.

Rahman juga menyaksikan kepulan asap telah memasuki ruangan lantai tiga. Saat itu, asap yang diduga berasal dari  lantai lima tidak terlalu pekat, sehingga tidak memberikan dampak kepada pasien maupun keluarganya.

"Hampir puluhan pasien keluar ruangan, tapi setelah dinyatakan aman, secara perlahan pasien sudah kembali keruangan perawatan," tutur Rahman. 

3. Belum ada pernyataan resmi rumah sakit dan kepolisian

Kebakaran RS Hermina Depok, Pasien Sempat Dievakuasi ke HalamanKondisi usai kebakaran di RS Hermina Depok, Jalan Raya Siliwangi, Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Berdasarkan pantauan di lapangan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.00 WIB dan pasien di evakuasi ke bagian bekalang rumah sakit.

Keluarga pasien tampak cemas mengingat kondisi kesehatan pasien dan rumah sakit yang terbakar.

Setelah api berhasil dipadamkan dan kondisi rumah sakit dinyatakan aman dan dapat melanjutkan kembali penanganan kesehatan pasien, secara bergiliran pasien dibawa ke ruangan perawatan. Hingga kini, belum ada klarifikasi maupun penjelasan peristiwa kebakaran dari pihak rumah sakit maupun kepolisian.

Baca Juga: 1.200 Orang Dievakuasi imbas Kebakaran Hutan di Yunani 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya