Lapak Rongsokan di Depok Terbakar, Asap Pekat Membumbung Tinggi

Sempat terdengar suara ledakan

Depok, IDN Times - Kepulan asap membumbung tinggi berasal dari api yang membakar lapak rongsokan di Jalan Karet, Kemirimuka, Beji, Kota Depok. Saat api membakar lapak rongsokan, sempat terdengar sejumlah ledakan yang diduga berasal dari lokasi tersebut.

Salah seorang warga, Jauhari mengatakan, kebakaran sempat mengejutkan warga sekitar yang hendak berangkat kerja. Hal itu mengingat kebakaran terjadi sekitar pukul 06.30 WIB dan pada pukul 07.00 WIB api sudah menjalar.

"Bahkan sempat terdengar suara ledakan, kalau tidak sebanyak lima kali," ujar Jauhari kepada IDN Times, Selasa (5/12/2023).

1. Suara ledakan berasal dari dalam lapak dan kabel listrik terbakar

Lapak Rongsokan di Depok Terbakar, Asap Pekat Membumbung TinggiSalah seorang petugas DPKP Kota Depok berusaha memadamkan api yang membakar lapak rongsokan di Jalan Karet, Kemirimuka, Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Jauhari menuturkan, suara ledakan yang terdengar sebanyak lima kali berasal dari dalam lapak rongsokan sebanyak tiga kali. Selain itu, dua kali berasal dari kabel yang terbakar saat terjadi kebakaran di lapak rongsokan.

"Pas terbakar itu, kabel listrik ikut terbakar dan suara ledakan sebanyak dua kali, berasal dari kabel itu," tutur Jauhari.

Kepulan asap membumbung tinggi membuat warga yang berada di lokasi kebakaran menjadi panik. Tidak sedikit warga berusaha membantu memadamkan api menggunakan air dari rumah warga yang berada di dekat lokasi kebakaran, sambil menunggu Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok.

"Tidak lama berselang, petugas DPKP Kota Depok berdatangan untuk memadamkan api," ucap Jauhari.

Baca Juga: Hujan Turun, Ratusan Rumah Warga Depok Terendam Banjir Lagi

2. Diduga api berasal dari korsleting listrik

Lapak Rongsokan di Depok Terbakar, Asap Pekat Membumbung TinggiPetugas DPKP Kota Depok berusaha memadamkan api yang membakar lapak rongsokan di Jalan Karet, Kemirimuka, Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sementara, Pengurus RW5 Kemirmuka, Arlem mengatakan, kebakaran yang mengahuskan lapak rongsokan diduga berawal dari korsleting listrik. Percikan api tersebut diduga menjadi pemicu api menyambar dan membakar seluruh barang bekas yang berada di dalam kapak rongsokan.

“Kayaknya akibat korsleting listrik,” ujar Arlem.

Arlem menjelaskan, warga berusaha membantu memadamkan api menggunakan air hingga petugas DPKP Kota Depok datang memadamkan api. DPKP Kota Depok menurunkan sejumlah mobil dan anggota pemadam yang bergerak cepat untuk mencegah api menyambar ke bangunan sekitar lapak rongsokan. 

“Petugas pemadam kebakaran datang langsung menarik selang untuk memadamkan api,” jelas Arlem.

Baca Juga: Makanan Stunting di Depok Jadi Sorotan KPK

3. Rumah pemilik lapak turut terbakar

Lapak Rongsokan di Depok Terbakar, Asap Pekat Membumbung TinggiPetugas DPKP Kota Depok berusaha memadamkan api yang membakar lapak rongsokan di Jalan Karet, Kemirimuka, Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Arlem mengungkapkan, lapak rongsokan yang terbakar sudah belasan tahun membuka usahanya di Jalan Karet. Lapak berisikan barang bekas hingga bekas botol yang dapat di daur ulang dikumpulkan di dalam lapak yang berdekatan dengan tempat tinggal pemilik lapak.

“Untuk yang terbakar cuma lapak dan tempat tinggal pemilik lapak yang berada di belakang lapak yang terbakar, kalau rumah warga hanya terdapak saja,” tutur Arlem.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya