Operasi Zebra Jaya 2023, 1.184 Pengendara di Depok Kena Tegur

Angka kecelakaan lalu lintas menurun 60 persen

Depok, IDN Times - Sebanyak 1.184 pengendara kena tegur di Depok, Jawa Barat saat Operasi Zebra Jaya 2023 digelar pada 18-30 September 2023 oleh Satlantas Polres Metro Depok. Dari itu pula, diketahui angka kecelakaan lalu lintas menurun hingga 60 persen.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Multazam Lisendra, mengatakan, selama operasi digelar, para pelanggar lalu lintas ditindak dengan diberikan teguran dan tilang.

Sebab, kata dia, Operasi Zebra Jaya 2023 di Kota Depok mengedepankan tindakan preemtif, tetapi apabila pelanggaran fatal akan dikenakan sanksi tilang.

“Kami sinkronkan datanya, totalnya mencapai 1.184 pelanggaran diberikan teguran, hal ini untuk menciptakan kamtertibcar lantas di Depok,” ujar Multazam, Senin (2/10/2023).

Baca Juga: Korban Pencabulan Engkong di Depok Bertambah Jadi 3 Anak

1. Polisi terima 20 laporan kecelakaan saat operasi digelar

Operasi Zebra Jaya 2023, 1.184 Pengendara di Depok Kena TegurAnggota Satlantas Polres Metro Depok melakukan Operasi Zebra Jaya 2023 di Jalan Raya GDC, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Selama Operasi Zebra Jaya 2023, Satlantas Polres Metro Depok mencatat laporan polisi kejadian kecelakaan lalu lintas sebanyak 32 laporan. Jumlah tersebut terhitung sejak 1 September sampai 17 September 2023.

“Selama dua pekan sebelum Operasi Zebra Jaya 2023, kami menerima 32 laporan, terdiri dari 10 orang korban luka, 27 orang luka ringan dengan kerugian materi mencapai Rp33.600.000,” tutur Multazam.

Kemudian, saat Operasi Zebra Jaya 2023 yang digelar sejak 18 September hingga 30 September 2023, pihaknya mendapatkan laporan angka kecelakaan mencapai 20 laporan yang seluruhnya telah ditangani.

“Sebanyak 20 laporan terdiri dari 21 orang luka ringan dan 4 orang luka berat, serta kerugian materi mencapai Rp6,3 juta,” ucap Multazam.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, TransJakarta Ubah Rute D11 Depok-BKN 

2. Satlantas Polres Metro Depok berikan edukasi kepada pengendara

Operasi Zebra Jaya 2023, 1.184 Pengendara di Depok Kena TegurKendaraan Pajero yang menabrak dua kendaraan lainnya di Jalan Raya Margonda, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Dari perbandingan angka kecelakan sebelum pelaksanaan maupun selama pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2023, terjadi penurunan hingga 60 persen.

“Ini menunjukkan persentase lakalantas menurun sampai 60 persen,” kata Multazam.

Adapun Satlantas Polres Metro Depok melakukan upaya preemtif kepada masyarakat dan pengendara dengan memberikan teguran dan edukasi di sejumlah jalan. Upaya tersebut dilakukan untuk mengingatkan masyarakat pentingnya keselamatan dalam berkendara.

“Kami turut memberikan edukasi melalui pamflet hingga tayangan tentang tertib lalu lintas melalui videotron,” kata dia.

Baca Juga: Relawan Bakorsi Kota Depok Awasi Suara Anies-Cak Imin pada Pemilu 2024

3. Edukasi keselamatan lalu lintas di sekolah dan pusat perbelanjaan

Operasi Zebra Jaya 2023, 1.184 Pengendara di Depok Kena TegurSatlantas Polres Metro Depok memberikan edukasi tertib berkendara di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Satlantas Polres Metro Depok juga mendatangi pusat perbelanjaan untuk memberikan edukasi.

"Pusat perbelanjaan kan merupakan salah satu area publik yang banyak didatangi masyarakat," jelas dia.

Selain itu, pihaknya juga melakukan edukasi ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Depok. Hal itu dilakukan melalui program Police Go To School.

Police Go To School sebagai bentuk edukasi berkendara yang baik kepada pelajar maupun guru di sekolah,” ucap Multazam.

Baca Juga: Bocah di Depok Tewas Usai Dicabuli Kakek 70 Tahun

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya