Pembunuh Mahasiswa UI Beli Plastik dan Kapur Barus untuk Hilangkan Jejak

Tersangka berencana menguburkan jenazah korban

Depok, IDN Times - Tersangka Altafasalya Ardnika Basya alias AAB (23), berencana ingin menguburkan mayat korban Muhammad Naufal Zidan alias MNZ (19), usai dibunuh di rumah kos wilayah Kukusan, Beji, Kota Depok. Sebelumnya pun tersangka membeli kantong plastik dan kapur barus untuk hilangkan jejak. 

Wakasat Reskrim Polres Metro Depok, AKP Nirwan Pohan membenarkan tersangka setelah membunuh korban pada Rabu (2/8/2023), mendatangi kembali kamar kos korban. Kedatangannya untuk menguburkan jenazah korban usai dibunuh dan disimpan di bawah tempat tidur.

“Tersangka memiliki niat untuk menguburkan korban namun bingung mengeluarkan jenazah korban dari kamar kos,” ujar Nirwan kepada IDN Times, Sabtu (5/8/2023).

1. Tersangka mengemas korban dengan plastik layaknya pocong

Pembunuh Mahasiswa UI Beli Plastik dan Kapur Barus untuk Hilangkan JejakPolres Metro Depok meperlihatkan barang bukti tersangka saat membunuh korban yang merukan adik tingkatnya di Universitas Indonesia. (IDNTimes/Dicky)

Nirwan menuturkan, pada Kamis (3/8/2023), tersangka mendatangi sebuah toko untuk membeli kantong plastik dan kapur barus. Rencananya kantong plastik dan kapur barus akan digunakan untuk menghilangkan jejak korban usai dibunuh.

“Tersangka ini membeli plastik hitam dan kapur barus di toko dekat tol Kukusan,” ujar Nirwan.

Usai membeli, tersangka mendatangi kamar kos untuk membersihkan darah yang berceceran saat membunuh korban. Tersangka mengikat tangan korban sebelum dimasukkan ke dalam kantong plastik yang dibawanya.

“Korban diikat tangannya dengan cara dilakban, lalu dimasukkan ke kantong plastik, hitam dan diikat kembali seperti pocong dan disimpan di kolong tempat tidur,” tegas Nirwan.

Baca Juga: 7 Fakta Kasus Pembunuhan Mahasiswa UI, Diduga Iri dan Terjerat Pinjol

2. Tersangka tidak jadi menguburkan mayat korban

Pembunuh Mahasiswa UI Beli Plastik dan Kapur Barus untuk Hilangkan JejakWakasat Reskrim Polres Metro Depok, AKP Nirwan Pohan (duduk tengah) saat menjelaskan kronologis pembunuhan mahasiswa UI. (IDNTimes/Dicky)

Kapur barus yang dibeli tersangka dari sebuah toko, digunakannya dengan cara ditaburkan di dalam kamar kos. Taburan kapur barus tersebut digunakan untuk menghilangkan jejak darah dan meminimalisir bau amis. 

“Kapur barus yang dibeli untuk menghilangkan jejak dan bau, karena namanya darah itu bau amis,” kata Nirwan.

Niat yang sebelumnya ingin menguburkan korban, terpaksa tidak dilaksanakan tersangka karena merasa bingung. Tersangka tidak menemui cara membawa mayat korban dari dalam kamar kost usai dibungkus menggunakan kantong plastik.

"Akhirnya tersangka tidak menguburkan korban dan keluar dari kamar kost korban," tutup Nirwan.

3. Tersangka ditangkap saat akan keluar dari kamar kostnya

Pembunuh Mahasiswa UI Beli Plastik dan Kapur Barus untuk Hilangkan Jejakilustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Polres Metro Depok mendapatkan rekaman CCTV yang berada di sekitar kos korban. Dari CCTV tersebut, polisi mengubah rekaman menjadi foto untuk ditunjukkan kepada saksi.

“Dari foto itu anggota kami memperlihatkan kepada saksi dan saksi mengenali tersangka,” kata Kepala Urusan Humas Polres Metro Depok, Iptu Made Budi, Jumat (4/8/2023).

Saksi memberikan informasi tentang tempat kos tersangka. Berbekal informasi dari saksi, petugas gabungan pun mendatangi lokasi itu. Tersangka tidak dapat mengelak saat petugas gabungan Polres Metro Depok dan Polsek Beji menangkapnya.

Made mengatakan, tersangka yang merupakan senior korban di kampus itu ditangkap saat akan keluar dari tempat kosnya.

"Tersangka ditangkap saat akan keluar kosan, lalu diberhentikan dan diinterograsi," ujar Made.

Dari pemeriksaan, tersangka mengakui telah membunuh korban pada Rabu (2/8/2023) di kamar kos korban. Tersangka membunuh korban menggunakan pisau lipat dan menikamnya.

"Tersangka mengakui melakukan pembunuhan tersebut dan dalam melakukan pembunuhan, tersangka menggunakan pisau lipat," tutur Made.

Baca Juga: Cincin Tersangka Pembunuhan Mahasiswa UI Tersangkut di Kerongkongan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya