Ridwan Kamil Minta Polemik SDN Pondok Cina 1 Tidak Diperpanjang

Pemkot Depok pastikan penundaan relokasi

Depok, IDNTimes - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta polemik terkait SDN Pondok Cina 1, Kota Depok, untuk tidak diperpanjang. Dia mengatakan tidak ingin berkomentar terlalu jauh tentang dinamika SDN Pondok Cina 1.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah meminta pembangunan Masjid Jami Al Quddus yang menggunakan lahan SDN Pondok Cina 1 ditunda sementara.

"Sudah disampaikan sama Pak Wali, udah itu saja ya," ujar Ridwan Kamil kepada IDN Times, usai mengikuti pekan budaya Jawa Barat di Alun-Alun Kota Depok, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga: Kisruh SDN Pondok Cina 1, KPAI Minta Psikologis Siswa Diperhatikan

1. Pembangunan masjid di lahan SDN Pondok Cina 1 ditunda dan dimusyawarahkan

Ridwan Kamil Minta Polemik SDN Pondok Cina 1 Tidak DiperpanjangSejumlah mahasiswa mengikuti aksi bersama orang tua siswa SDN Pondok Cina 1 terkait rencana relokasi yang dilakukan Pemerintah Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Menurutnya, persoalan menyangkut SDN Pondok Cina 1 sedang diselesaikan secara baik melalui musyawarah. Hal itu, menurutnya, telah disampaikan melalui surat ke Pemerintah Kota Depok tentang SDN Pondok Cina 1.

"Mau kutipan apalagi, sudah jelas jangan diperpanjang lagi, ditunda dan dimusyawarahkan," tutur Ridwan Kamil.

Baca Juga: Upaya Kemendikbud Tangani Penggusuran SDN Pondok Cina 1

2. Pemkot Depok jalankan perintah Gubernur Jawa Barat

Ridwan Kamil Minta Polemik SDN Pondok Cina 1 Tidak DiperpanjangWali Kota Depok, Mohammad Idris membuka kegiatan pekan budaya Jawa Barat di Alun-Alun Kota Depok, (IDNTimes/Dicky)

Di lokasi yang sama, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan permasalahan SDN Pondok Cina 1 dinilai sudah selesai. Idris meminta dinamika di SDN Pondok Cina 1 tidak dipermasalahkan kembali karena telah diberikan penjelasan terkait penundaan relokasi.

"Sudah selesai, saya sudah menjalankan arahan Pak Gubernur," ujar Idris.

Idris menjelaskan, Pemerintah Kota Depok telah menjalankan arahan dari Pemerintah Jawa Barat, khususnya Gubernur Jawa Barat. Selain itu, pernyataan penundaan relokasi SDN Pondok Cina 1 telah di-share atau disebar untuk diketahui khalayak luas.

"Jangan diperpanjang lagi, sudah saya share, sudah menjalankan arahan Gubernur," jelas Idris.

Baca Juga: Pemkot Depok Tunda Relokasi Murid SDN Pondok Cina 1

3. Menko PKM akan berbicara dengan Gubernur Jawa Barat

Ridwan Kamil Minta Polemik SDN Pondok Cina 1 Tidak DiperpanjangSiswa SDN Pondok Cina 1 membubuhkan tanda tangan sebagai permintaan penolakan relokasi SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan, pembangunan masjid di lahan SDN Pondok Cina 1, Depok agar ditunda terlebih dahulu.

Atas permintaan itu, pihaknya pun akan membicarakannya dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, khususnya terkait dengan anggaran pembangunan masjid.

“Pembangunan masjidnya ditunda dulu, nanti saya bicara dengan Pak Gubernur, Ridwan Kamil, agar uang anggarannya tidak hangus,” ujar Muhadjir dalam rapat pembahasan polemik SDN 1 Pondok Cina, dikutip dari siaran pers, Kamis (15/12/2022).

Menko menambahkan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Depok agar menyiapkan lahan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) untuk para murid di SDN Pondok Cina 1. Para siswa juga masih diperbolehkan untuk menggelar kegiatan belajar mengajar seperti biasa di ruang kelas SDN Pondok Cina 1.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya