Survei: Masyarakat Jabar Puas Kinerja Ridwan Kamil, Sandiaga Moncer

Trust Indonesia melakukan survei di Jawa Barat

Depok, IDN Times - Lembaga survei Trust Indonesia merilis hasil survei terhadap kinerja Pemerintahan Provinsi Jawa Barat dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di Jawa Barat. Hasil survei menunjukkan masyarakat puas terhadap kinerja Pemprov Jabar, dan Sandiaga Uno dinilai pantas maju pada Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Adrinal, mengatakan mayoritas penduduk Jabar puas dengan kinerja Gubernur Ridwan Kamil dan Wakil Gubenur Uu Ruzhanul Ulum. Tercatat, survei yang melibatkan 800 responden, sebanyak 63,6 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Ridwan Kamil-Uu
Ruzhanul.

"Hal yang sama juga dilakukan pada tingkat kepuasan masyarakat Jawa Barat pada pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, sebanyak 59,6 persen responden Jawa Barat menyatakan puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin," ujar Azhari saat ditemui IDN Times di salah satu cafe, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Senin (31/7/2023). 

Baca Juga: Survei: Ridwan Kamil Berpeluang Jadi Cawapres Bila Pilpres Hari Ini

1. Sebanyak 41 persen responden meminta pembenahan ekonomi dan UMKM

Survei: Masyarakat Jabar Puas Kinerja Ridwan Kamil, Sandiaga MoncerDirektur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Adrinal (kiri) usai memaparkan hasil survei Trust Indonesia di Jawa Barat. (IDNTimes/Dicky)

Walaupun masyarakat puas dengan kinerja Ridwan Kamil-UU Ruzhanul, terdapat sejumlah persoalan pokok yang harus diselesaikan Pemprov Jabar. Sebanyak 43,0 persen responden menyebut mahalnya harga kebutuhan pokok menjadi persoalan paling utama terjadi di masyarakat.

"Masalah lainnya dinilai sebagai persoalan utama, antara lain kelangkaan minyak goreng sebanyak 16,8 persen, dan kesulitan mencari lapangan pekerjaan 9,8 persen," terang Azhari.

Dari permasalahan tersebut, sektor ekonomi dan UMKM menjadi masalah prioritas yang harus dibenahi. Sebanyak 41,0 persen responden meminta Pemprov Jabar memperbaiki kondisi ekonomi. Dua sektor prioritas lainnya yang harus dibenahi yakni pendidikan 15,7 persen dan pertanian-pangan 11,8 persen.

"Harapan pembenahan berbanding lurus dengan persepsi atas penilaian antikorupsi pemerintahan Ridwan Kamil- Uu Ruzhanul, yakni 65,2 persen percaya pemerintahan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul bersih dari indikasi perilaku koruptif," kata Azhari.

2. Sandiaga diunggulkan di Jawa Barat

Survei: Masyarakat Jabar Puas Kinerja Ridwan Kamil, Sandiaga MoncerSandiaga Uno. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Azhari menjelaskan, Trust Indonesia juga melakukan survei menggunakan teknik multistage random sampling, mendapati Sandiaga Uno dianggap menjadi cawapres paling layak
dipasangkan dengan semua kandidat capres. Berdasarkan hasil rata-rata, sebanyak 28 persen responden memilih Sandi sebagai cawapres yang layak dipasangkan dengan siapapun.

"Simulasi yang dipasangkan dengan Anies Baswedan, Sandiaga Uno berhasil memperoleh elektabilitas sebesar 29,5 persen. Sandi mengalahkan AHY yang hanya mendapat dukungan responden sebanyak 10,0 persen, dan Erick Thohir yang memiliki elektabilitas 7,2 persen," jelas Azhari.

Begitupun simulasi yang dipasangkan dengan Ganjar Pranowo, Sandi mendapatkan elektabilitas 28,3 persen. Sandi unggul dari Erick Thohir yang memperoleh dukungan 10,5 persen dan Andika Perkasa yang hanya mendapat dukungan 6,8 persen.

"Jika dipasangkan dengan Prabowo Subianto, Sandi juga memiliki elektabilitas tinggi, yakni sekitar 28,5 persen. Sandi terpaut cukup jauh dari Erick Thohir yang punya elektabilitas sebesar 17,2 persen dan Mahfud MD yang hanya sekitar 6,5 persen," tutur Azhari.

Baca Juga: Ini 4 Chemistry Ganjar-Sandiaga Versi Politikus PPP

3. Sandiaga dianggap sebagai tokoh yang bebas dari perilaku koruptif

Survei: Masyarakat Jabar Puas Kinerja Ridwan Kamil, Sandiaga MoncerPresiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (11/5/2023). (dok. Kemenparekraf)

Berdasarkan analisis Trust Indonesia, tren positif elektabilitas Sandi dipengaruhi persepsi masyarakat Jawa Barat, menilai Sandi sebagai tokoh ekonomi dan berpihak pada
kepentingan UMKM. Sandi dianggap figur yang mampu membangun agenda ekonomi kreatif, sehingga berpengaruh dalam pembukaan lapangan pekerjaan.

"Sosok Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif selama ini dianggap sebagai tokoh yang bebas dari perilaku koruptif," kata Azhari.

Azhari menambahkan, Sandiaga dianggap sebagai tokoh yang mampu membangkitkan perekonomian dan pariwisata di Jabar. Hal itulah yang mendorong respondon di Jabar lebih banyak memilih Sandiaga sebagai cawapres.

"Sandi menjadi harapan masyarakat Jawa Barat untuk membuat keadaan pembangunan nasional menjadi semakin baik," tutup Azhari.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/jKUnq8PeFKk

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya