Viral Vandalisme Tulisan Depok di Gua Hira, Ini Reaksi Wali Kota

Tulisan itu dinilai membuka aib orang Depok

Depok, IDN Times - Sebuah video yang memperlihatkan vandalisme tulisan 'Depok' di Gua Hira, Arab Saudi viral di media sosial.

Video dari rekaman Husein Bin Ja’far Al Hadar di kanal YouTube Jeda Nulis itu pun menuai reaksi dari Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Mohammad Idris mengatakan, aksi vandalisme di Gua Hira itu tidak layak. Apalagi aksi vandalisme itu menuliskan nama suatu kota.

“Seharusnya gak layak lah, ya, gak layak untuk membuat hal seperti itu, apalagi mengatasnamakan satu kota,” ujar Idris kepada IDN Times, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga: Mengunjungi Gua Hira, Tempat Diturunkannya Wahyu Pertama ke Rasulullah

1. Yakin warga Depok tidak setuju aksi itu

Viral Vandalisme Tulisan Depok di Gua Hira, Ini Reaksi Wali KotaMohammad Idris saat menghadari kegiatan di pelayanan DPMPSTP Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Idris menuturkan, vandalisme dengan menuliskan nama Depok di jalur pendakian Gua Hira itu telah membuka aib warga Depok. Menurutnya, hal tersebut tidak disetujui seluruh warga Depok.

“Mungkin yang tidak setuju seluruh warga Depok ketika dia mengatasnamakan Depok,” tegas Idris.

Baca Juga: Warga Depok Diminta Meriahkan Perayaan HUT ke-78 RI

2. Aksi vandalisme di Gua Hira dinilai tidak berpendidikan

Viral Vandalisme Tulisan Depok di Gua Hira, Ini Reaksi Wali Kotailustrasi vandalisme (pexels.com/Felicity Tai)

Aksi vandalisme di Gua Hira yang viral itu juga mendapat kecaman dari masyarakat Kota Depok. Salah satunya Nuryati, menurut dia, aksi vandalisme di lokasi bersejarah umat Islam itu tidak berpendidikan.

Sebagai umat Islam, kata dia, seharusnya tidak melakukan perbuatan kerusakan dan tidak terpuji di gua tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali.

"Seharusnya kita menjaga dan merefleksikan diri meningkatkan keimanan dan ibadah, bukan melakukan vandalisme," ujar Nuryati.

Nuryati berharap, tidak ada lagi warga Depok melakukan aksi vandalisme. Sebagai warga, khususnya umat Muslim, dia berharap semua orang dapat menjaga nilai keluhuran tempat ibadah dan sejarah umat Islam.

"Sebaiknya menjaga bukan merusak, apalagi hal nyeleneh dengan aksi vandalisme," terang Nuryati. 

Baca Juga: Pria Bunuh Anak Kandung di Depok Divonis Hukuman Mati

3. Temukan tulisan Depok dan nama orang asal Indonesia

Viral Vandalisme Tulisan Depok di Gua Hira, Ini Reaksi Wali KotaHabib Jafar (Instagram.com/husein_hadar)

Adapun video viral tentang tulisan vandalisme Depok itu muncul di akun YouTube Jeda Nulis berjudul 'Why Depok di Gua Hira'. Dalam video itu, terlihat Habib Husein Bin Ja’far Al Hadar melakukan pendakian ke Gua Hira. Saat pendakian tersebut, dia menemukan sampah dan aksi vandalisme.

“Orang buang sampah sembarangan yang sayangkan di bebatuan jalur pendakian ke Gua Hira, vandalisme,” kata dia.

Masih dalam rekamannya, dia melihat vandalisme dengan coretan tidak jelas. Coretan tersebut berupa nama pasangan dan tulisan Depok.

“Dan beberapa pelaku vandalisme jelas orang Indonesia nih, di sana lihat tuh namanya Rojali, Andriani, Miftah, dan Depok dong!” ucap dia.

Baca Juga: Cegah Banjir, Depok Anggarkan Rp8 Miliar Bangun Jembatan Mampang

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya