Anies Senang JIS Digunakan untuk Piala Dunia U-17

JIS merupakan karya anak bangsa

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, senang Jakarta International Stadium (JIS) digunakan untuk pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Dia menegaskan, JIS merupakan sebuah mega struktur yang diakui dunia, apalagi JIS merupakan karya 100 persen anak-anak bangsa Indonesia, tidak menggunakan tenaga asing.

"Ini menjadi bukti bahwa bila kita mau memberikan kesempatan, maka anak-anak Indonesia bisa membuat maha karya seperti JIS. Karya ini memang karya skalanya global," ujar Anies di Hotel Grand Paragon, Jakarta Barat, (12/11/2023).

1. Komentar jujur pelatih Internasional dibutuhkan

Anies Senang JIS Digunakan untuk Piala Dunia U-17Penampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Menurut Anies, wajar apabila JIS digunakan untuk event-event global dan dikomentari oleh para pelatih sekelas Internasional.

"Kami senang komentar-komentar jujur dari para pelatih internasional, karena komentar-komentar jujur ini lah yang kami butuhkan supaya bangsa kita memiliki keyakinan atas apa yang dibuat oleh bangsanya sendiri," katanya.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 Hari Ini, Sorotan ke Jerman vs Meksiko

2. Biar masyarakat yang menilai

Anies Senang JIS Digunakan untuk Piala Dunia U-17Penampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Terkait rumput yang kembali jadi sorotan karena tampak tak segar ketika menjadi arena tempur penyisihan grup Piala Dunia U-17, Anies menyatakan biar masyarakat yang menilai terkait kondisi rumput di JIS.

"Kalau terkait teknis, saya tidak komentar ya. Tetapi saya rasa seluruh rakyat Indonesia bisa melihat, menilai, dan menyimpulkan. Kami mengerjakan yang terbaik saja. Biar masyarakat yang menilai," kata Anies.

3. Rumput JIS jadi sorotan warganet

Anies Senang JIS Digunakan untuk Piala Dunia U-17Inggris U-17 panen 10 gol ke gawang Kaledonia U-17, di JIS pada Sabtu (11/11/2023). (IDN Times/Tino).

Rumput JIS langsung mendapat sorotan negatif dari warganet. Itu karena penampakan rumput JIS kurang segar.

Secara visual, rumput JIS yang baru dibenahi itu memang kurang memanjakan mata. Warnanya terlihat belang dan kurang rata. Namun, kondisi itu ternyata tak mengganggu kualitasnya.

Bintang Inggris U-17, Justin Oboavwoduo, merasa puas dengan kualitas rumput di stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut. Bahkan, dia menganggap kualitasnya mirip dengan rumput di Inggris.

Rumput JIS yang tampak kurang segar juga tak mengganggu permainan The Three Lions. Buktinya, mereka mampu menggasak Kaledonia Baru U-17 dengan skor 10-0.

"Rumputnya bagus kok, permukaannya juga. Mirip seperti lapangan yang biasa kami mainkan di Inggris, meski tak terlalu sama. Kami senang bisa bermain di stadion ini dan mendapatkan hasil yang bagus," kata Oboavwoduo selepas laga.

Baca Juga: Piala Dunia U-17 2023 Sempat Keos, Arya: Catatan Minor

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya