Comscore Tracker

Antisipasi Banjir dan Longsor, Ini Langkah Persiapan BNPB

BNPB sudah lakukan berbagai antisipasi jika terjadi bencana

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menjelaskan sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi diterjang banjir akibat intensitas hujan yang lebat.

Prakiraan ini berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

1. BNPB bentuk posko dan pemantauan

Antisipasi Banjir dan Longsor, Ini Langkah Persiapan BNPBANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Agus Wibowo mengatakan untuk mengantisipasi adanya gerakan tanah atau tanah longsor dan banjir, BNPB telah membentuk posko kesiapsiagaan pemerintah daerah dan melakukan pemantauan peringatan dini dari BMKG.

"Kami juga memantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi untuk mengetahui perkembangan situasi terkini," ujarnya melalui pesan tertulis, Senin (13/1).

2. BNPB sudah menyiapkan sarana dan prasana

Antisipasi Banjir dan Longsor, Ini Langkah Persiapan BNPBKepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo saat meninjau lokasi terdampak bencana di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/1/2020). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Agus Wibowo menambahkan pihaknya juga menyiagakan seluruh aparatur pemerintah daerah dan mengoordinasikan dengan TNl, Polri, instansi vertikal di daerah dan relawan siaga bencana serta unsur masyarakat lainnya

"Kami juga menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam rangka siaga banjir/longsor dan risiko akibat bencana lainnya," terangnya.

3. BNPB juga mengalokasikan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT)

Antisipasi Banjir dan Longsor, Ini Langkah Persiapan BNPB(Gudang BNPB untuk pengungsi banjir) IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Agus Wibowo mengungkapkan BNPB telah mengalokasikan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) yang cukup dan siap digunakan setiap saat dalam keadaan darurat bencana.

BNPB terus menyebarluaskan informasi potensi bencana kepada masyarakat setempat melalui berbagai saluran informasi seluas-luasnya.

"Kami mengoordinasikan proses kesiapsiagaan, penyelamatan dan evakuasi apabila terjadi kondisi darurat serta mengaktifkan rencana kontinjensi yang disusun jika terjadi tanggap darurat," imbuhnya.

4. Masyarakat diimbau tetap waspada bencana

Antisipasi Banjir dan Longsor, Ini Langkah Persiapan BNPBIlustrasi evakuasi korban bencana banjir. ANTARA FOTO/Moch Asim

Agus Wibowo mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

"Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada," imbaunya.

Baca Juga: Gubernur Banten Marah Besar DPRD Sebut Pemprov Gagap Atasi Bencana 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya