Awas Macet, Seribuan Buruh Mulai Bergerak ke Patung Kuda

Ada enam isu yang menjadi aspirasi demonstran

Jakarta, IDN Times - Seribuan buruh mulai bergerak dari jalan depan Balai Kota DKI Jakarta menuju Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2023). Para buruh akan menyuarakan sejumlah tuntutan dalam demonstrasi hari ini.

Setidaknya, ada enam isu yang menjadi aspirasi demonstran yakni cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja, naikkan upah 2024 sebesar 15 persen, cabut presidential threshold 20 persen menjadi 0 persen, revisi parlimanentary threshold 4 persen, cabut UU Kesehatan dan wujudkan Jaminan sosial JS3H, reforma agraria, dan kedaulatan pangan.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan massa yang terjun berasal dari empat konfederasi besar di Indonesia, yakni KSPI, KSPSI AGN, KPBI, KSBSI.

"Dihadiri juga 60 federasi tingkat nasional seperti FSPMI, SPN, FSPKEP, FSPTK, termasuk melibatkan Serikat Petani Indonesia," kata dia.

Said Iqbal mengungkapkan, puluhan ribu buruh yang akan demo itu berasal dari sejumlah daerah. Mereka akan menyambut rombongan longmarch berasal dari tiga provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Baca Juga: Massa Buruh Demo di MK dan Istana, Ini 6 Poin Tuntutannya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya