Batal Naik, Tarif Royaltrans Tetap Rp20 Ribu

Viral surat edaran kenaikan tarif Royaltrans

Jakarta, IDN Times - PT TransJakarta buka suara tentang beredarnya surat edaran soal kenaikan tarif Royaltrans di media sosial.

Munculnya rencana kenaikan tarif tersebut menuai protes warganet karena dilakukan saat pemerintah meminta warga beralih ke transportasi publik di tengah gempuran polusi udara Jakarta.

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta, Daud Joseph, membenarkan surat edaran itu. Dalam surat itu rencana perubahan tarif Royaltrans akan dilakukan pada 28 Agustus 2023. 

"Bukan hoaks, itu informasi internal bahwa 28 Agustus itu akan dinaikkan (tarif). Secara internal kami melakukan penggodokan, apakah akan dilakukan atau tidak. Ternyata Pemerintah Provinsi DKI sebagai pemegang saham minta dan mengimbau untuk menyediakan tarif terjangkau," kata Direktur Operasi dan Keselamatan, Daud Joseph kepada wartawan di Halte CSW, Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga: DKI Masih Kaji Tarif TransJakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta

1. Tarif Royaltrans tetap berlaku Rp20 ribu

Batal Naik, Tarif Royaltrans Tetap Rp20 RibuDirektur Operasional PT TransJakarta, Daud Joseph di Halte CSW, Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2023) . (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Daud mengatakan, Direksi Transjakarta mendukung kampanye penggunaan transportasi umum yang digaungkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pemegang saham mayoritas.

"Direksi akhirnya menyambut baik dorongan Pemprov DKI sehingga memutuskan tarif Royaltrans tetap berlaku Rp20 ribu. Kami imbau warga masyarakat untuk lebih luas lagi menggunakan Royaltrans," katanya.

Baca Juga: Halte TransJakarta Tendean Kebakaran, Terdengar Ledakan Keras 

2. Royaltrans menjangkau daerah asal warga Jabodetabek

Batal Naik, Tarif Royaltrans Tetap Rp20 RibuIlustrasi bus Transjakarta. (Dok. Humas Transjakarta)

Daud pun mengimbau masyarakat untuk beralih ke transportasi publik. Apalagi Royaltrans sudah menjangkau daerah asal dan tujuan aktivitas warga Jabodetabek, seperti Bekasi Timur, Bekasi Barat, Cibubur, Cinere, dan Bintaro.

"Di Timur daerah Cibubur, lebih dari 30 bus kami sediakan, yaitu ke Blok M, Balai Kota, dan Kuningan. Titik lain di Cinere juga ada armadanya, dari Bintaro dan untuk mensuplai transportasi dengan bekerja sama dengan MRT Lebak Bulus dan Fatmawati di sana," katanya.

Baca Juga: Penyebab Kebakaran Halte TransJakarta Diduga Korsleting Charging Station

3. Warganet heboh tarif naik saat polusi udara

Batal Naik, Tarif Royaltrans Tetap Rp20 RibuIlustrasi media sosial. IDN Times/Paulus Risang

Sebelumnya, pengguna akun media sosial X atau Twitter mengunggah surat edaran yang memberitahukan pihak TransJakarta akan memberlakukan kenaikan tarif pada 28 Agustus 2023.

"Sehubungan dengan ditetapkannya SK Direksi terkait Tarif Royaltrans, maka dengan ini kami informasikan perubahan tarif layanan yang berlaku mulai Senin, 28 Agustus 2023," demikian isi surat tersebut.

Kemudian, surat tersebut mencantumkan kenaikan tarif untuk rute kawasan Cibubur, yaitu Rp30 ribu untuk rute 1K Cibubur-Blok M, 1T Cibubur-Balai Kota, dan 6P Cibubur-Kuningan.

Tarif rute Bekasi yaitu Rp30 ribu untuk rute 813 Bekasi Barat-Blok M dan 814 Bekasi Barat-Kuningan. Kemudian tarif rute Cinere, yaitu Rp30 ribu untuk rute D31 Cinere-Kuningan dan D32 Cinere-Bundaran Senayan.

Selanjutnya, tarif rute TMIl, yaitu Rp30 ribu untuk rute 10 Taman Mini-Balai Kota. Tarif rute Serpong, yaitu Rp40 ribu untuk rute S12 BSD Serpong-Bundaran Senayan, dan tarif rute Bintaro, Rp40 ribu untuk rute S31 Bintaro-Fatmawati.

Unggahan itu pun ramai ditanggapi oleh warganet yang berlangganan menggunakan Royaltrans. 

"Mantap banget nih saat polusi terburuk tarif naik naik gila-gilaan sampai Rp40 ribu," ujar salah satu akun.

Baca Juga: Rute Transjakarta Lengkap untuk Keliling Jakarta biar Gak Nyasar

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya