Belasan Monyet Liar Serbu Permukiman di Cipayung Jaktim

Damkar Jaktim terjunkan tiga personel

Jakarta, IDN Times - Belasan monyet liar menyerbu permukiman padat penduduk di Kelurahan Cipayung, Jakarta Timur.

Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur pun .enerjunkan tiga personel untuk melakukan evakuasi.

Kepala Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, mengatakan, monyet tersebut mendatangi permukiman pada Senin (2/10/2023). 

"Kami kerahkan tiga personel rescue ke lokasi," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga: Daftar Tempat Parkir DKI yang Biaya Parkir Naik, Catat!

1. Monyet liar sudah kabur

Belasan Monyet Liar Serbu Permukiman di Cipayung JaktimKawanan monyet liar masuk ke pemukiman warga di Kecamatan Laren, Lamongan. IDN Times/Imron

Gatot menerangkan, personel yang dikirimkan itu langsung melakukan penyisiran kawanan monyet liar itu.

"Kita mulai pencarian pukul 11.01 WIB, selesai pukul 12.10 WIB di wilayah permukiman warga RW 01 dan RW 08 Kelurahan Cipayung. Untuk monyet nihil, kabur semua," kata Gatot. 

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Berikan BPJS Ketenagakerjaan untuk Ketua RT/RW 

2. Baru pertama monyet liar masuk pemukiman

Belasan Monyet Liar Serbu Permukiman di Cipayung JaktimKawanan monyet liar masuk ke pemukiman warga di Kecamatan Laren, Lamongan. IDN Times/Imron

Lurah Cipayung, Yulian Fathiniah menambahkan, pihaknya sudah melaporkan ke Sudin Gulkarmat dan Polisi Khusus (Polsus) Kehutanan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (RI) soal keberadaan monyet liar ini.

"Baru kali ini ada monyet liar berkeliaran di pemukiman warga, kita sudah laporkan ke aparat terkait untuk menanganinya," imbuh Yulian.

3. Monyet liar berdiam di Buperta Cibubur

Belasan Monyet Liar Serbu Permukiman di Cipayung JaktimAnggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, melakukan evakuasi mayat di Danau Buperta Cibubur, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (Istimewa)

Warga menduga, kawanan monyet liar tersebut awalnya berdiam di Buperta Cibubur. Mereka menyerbu ke permukiman warga Kecamatan Cipayung untuk mencari makanan. 

Salah satu warga, Subekti mengatakan, sejak Sabtu (30/9/2023), kawanan monyet liar itu terlihat di kawasan Kelurahan Munjul. Namun, mereka berpindah-pindah hingga pada Senin muncul di permukiman warga Cipayung.

Meski tidak masuk ke dalam rumah, keberadaan mereka meresahkan karena dikhawatirkan menyerang warga dan memicu penularan penyakit rabies.

"Takutnya sewaktu-waktu masuk rumah warga untuk mencari makanan. Kita mau ngusir juga kan mikir-mikir karena takut digigit. Kemarin saja enggak ada yang berani nangkap," kata Subekti dilansir dari ANTARA.

Baca Juga: Menpora Dito Ariotedjo akan Jadi Saksi di Sidang BTS 4G BAKTI Kominfo

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya