Bersiap! Verifikasi Profil Jadi Syarat Buka Akses Kesehatan SATUSEHAT

Kemenkes imbau masyarakat lakukan verifikasi profil

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia meminta masyarakat agar bersiap melakukan verifikasi profil atau centang biru sebagai salah satu syarat mengakses informasi data kesehatan pribadi.

“Verifikasi profil ini untuk memastikan bahwa benar orang tersebut adalah pemilik akun sebagai prasyarat sekaligus upaya untuk menjaga keamanan dan melindungi data pengguna SATUSEHAT Mobile,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi G. Sadikin dalam keterangan, Selasa (11/10/2023).

1. Verifikasi profil untuk identifikasi keaslian sudah diterapkan di sektor keuangan

Bersiap! Verifikasi Profil Jadi Syarat Buka Akses Kesehatan SATUSEHATPT. Kereta Api melakukan proses migrasi PeduliLindungiberubah jadi SatuSehat Mobile (Dok. Istimewa)

Budi menjelaskan bahwa proses verifikasi profil untuk identifikasi keaslian (autentikasi) telah sejak lama diberlakukan di sektor keuangan menggunakan OTP dan PIN.

“Di sektor kesehatan sudah mulai kita terapkan melalui verifikasi profil di SATUSEHAT Mobile, dan harapannya di 20 sampai 30 tahun mendatang masyarakat bisa merasakan manfaatnya," katanya.

Baca Juga: Menkes Belum Terima Laporan RS Indonesia di Gaza Kena Serangan Israel

2. Verifikasi profil dilakukan di di fasilitas pelayanan kesehatan

Bersiap! Verifikasi Profil Jadi Syarat Buka Akses Kesehatan SATUSEHATilustrasi aplikasi SatuSehat (apps.apple.com)

Budi mengatankan verifikasi profil harus melalui proses know your customer (KYC) yang dilakukan oleh petugas kesehatan, dengan mencocokkan data profil yang tertera di aplikasi dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Dalam memastikan kelancaran pelaksanaannya, verifikasi profil akan dijalankan bertahap, dimulai untuk individu di internal Kemenkes RI dan akan diperluas kepada publik dalam waktu dekat.

"Nantinya, masyarakat dapat melakukan verifikasi profil (centang biru) di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang terintegrasi dengan SATUSEHAT Platform. Adapun informasi terkait lokasi tersebut dapat diakses di SATUSEHAT Mobile," jelas Budi.

3. Kemenkes akan jemput bola

Bersiap! Verifikasi Profil Jadi Syarat Buka Akses Kesehatan SATUSEHATAplikasi SatuSehat by Kemenkes (dok. Kemenkes)

Kemenkes akan lakukan ‘jemput bola’ untuk mempercepat dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh centang biru di profil SATUSEHAT Mobile dengan mendirikan beberapa booth KYC di sejumlah pusat perbelanjaan.

SATUSEHAT Platform merupakan platform penghubung sistem RME antar fasyankes untuk mengintegrasikan data kesehatan individu. Dengan adanya platform ini pula, masyarakat dapat mengakses data resume medis dengan mudah melalui SATUSEHAT Mobile.

Baca Juga: Kemenkes Wajibkan Dokter Praktik Mandiri Akreditasi Lewat SatuSehat 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya