Blok G Pasar Tanah Abang Terasa Mati, Pedagang Tagih Janji

Revitalisasi Blok G dijanjikan sejak 2019

Jakarta, IDN Times - Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Tanah Abang, Kamaruddin Manday, mengakui kondisi di Blok G tidak layak. Perumda Jaya sebagai pengelola sudah menjanjikan revitalisasi sejak 2019, namun sampai saat ini pedagang masih gigit jari karena tak kunjung terealisasi.

"Sudah disampaikan rencana 2020, tapi nyatanya enggak ada. Malah, pasar jadi kosong begini. Pedagang pada pindah. Tapi, memang kondisinya tidak layak," ujarnya saat ditemui IDN Times di lantai 2 Blok G Pasar Tanah Abang, Senin ( 10/7/2023).

1. Akses yang sulit dan lingkungan kotor buat calon pembeli enggan datang

Blok G Pasar Tanah Abang Terasa Mati, Pedagang Tagih JanjiKondisi Pasar Tanah Abang Blok G, Senin (10/7/2023)/ IDN Times Dini Suciatiningrum

Menurutnya, akses yang sulit untuk menuju Blok G, serta tidak terpeliharanya lingkungan di sekitar pasar membuat calon pembeli enggan berkunjung. Ditambah, adanya pandemik COVID-19 yang membuat pedagang kian terpuruk.

"Semua akses diputus. Seakan pasar mati. Belum ada solusi, ditambah pada 2020 ada COVID-19. Pasar ditutup hingga benar-benar tidak ada pemasukan. Pihak Pasar Jaya sudah tidak peduli lagi. Genangan air di depan pasar tidak pernah surut, walaupun tidak hujan, aroma bau dan kotor sudah jadi pemandangan sehari-hari, bagaimana pengunjung mau datang? Omzet kami turun 90 persen ke titik yang terendah," ujarnya.

Baca Juga: Viral Disebut Sarang Preman, Pasar Tanah Abang Blok G Bersih-Bersih

2. Pasar terasa mati

Blok G Pasar Tanah Abang Terasa Mati, Pedagang Tagih JanjiKondisi Pasar Tanah Abang Blok G, Senin (10/7/2023)/ IDN Times Dini Suciatiningrum

Ketua Koperasi Pasar Blok G Tanah Abang, Heri, menuturkan Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang dijanjikan juga tak ada tindak lanjut. Menurutnya, Blok G yang dibangun sejak 1987, sudah tidak layak kondisinya.

"Jadi, bangunan ini sudah 30 tahun lebih. Kami pernah dijanjikan direksi Pasar Jaya pada 2019 akan dipindahkan ke tempat penampungan, karena ingin direvitalisasi. Tapi, sampai saat ini belum terwujud," ujarnya.

3. Perumda Jaya masih inventarisir pedagang

Blok G Pasar Tanah Abang Terasa Mati, Pedagang Tagih JanjiKondisi Pasar Tanah Abang Blok G, Senin (10/7/2023)/ IDN Times Dini Suciatiningrum

Terkait proses revitalisasi, Manajer Hubungan Masyarakat (Humas) Perumda Pasar Jaya, Agus Lamun, menuturkan Blok G memang sudah masuk sebagai salah satu pasar yang akan segera dibangun kembali. Saat ini, pihaknya masih inventarisir terhadap tempat usaha di Blok G.

"Inventaris dilakukan sampai memperoleh data tempat usaha dan pedagang yang pasti, dan nanti akan disesuaikan kebutuhan tempat usahanya pada perencanaan pembangunan nanti," kata Agus saat dikonfirmasi IDN Times.

Baca Juga: Pasar Blok G Tanah Abang Jadi Tempat Nyabu, Pengelola: Tak Ada Orang 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya