Comscore Tracker

BPOM Berikan 4 Mobil Pemusnah Limbah Medis RS Darurat Virus Corona

Mobil insinerator ditempatkan di RS Darurat COVID-19

Jakarta, IDN Times - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengirimkan empat unit mobil insinerator, untuk memusnahkan limbah medis yang dihasilkan selama proses penanganan pasien virus corona atau COVID-19, di Rumah Sakit Darurat Corona, Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Dengan mobil insinerator ini diharapkan dapat membantu mengurangi pemusnahan limbah medis di rumah sakit dan dapat mengurangi penyebaran infeksi,” kata Kepala Badan POM RI Penny K Lukito dalam siaran tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (26/1).

1. BPOM mengimbau agar masyarakat tetap tenang

BPOM Berikan 4 Mobil Pemusnah Limbah Medis RS Darurat Virus CoronaBadan POM Serahkan Empat Unit Mobil Insinerator Kepada RS Darurat Corona (Dok. BPOM)

Penny menjelaskan wabah virus corona saat ini dapat dikategorikan sebagai kondisi keadaan darurat bencana di Indonesia.

Langkah-langkah pencegahan, termasuk mengendalikan sumber penularan, deteksi dini pasien, pemutusan mata rantai penularan, dan melindungi populasi yang rentan menjadi hal penting dilakukan.

"Badan POM mengimbau agar masyarakat tetap tenang serta selalu mengikuti perkembangan informasi dan instruksi dari pemerintah, terkait penanganan COVID-19. Termasuk anjuran untuk tetap berada di rumah selama kurun waktu yang ditetapkan oleh pemerintah," kata dia.

BPOM Berikan 4 Mobil Pemusnah Limbah Medis RS Darurat Virus CoronaYang perlu kamu perhatikan jika terpaksa keluar dari rumah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Baca Juga: Pemda Minta Tutup Bandara untuk Cegah Virus Corona, Apa Kata Kemenhub?

2. Cerdas menyikapi berita seputar COVID-19

BPOM Berikan 4 Mobil Pemusnah Limbah Medis RS Darurat Virus CoronaBadan POM Serahkan Empat Unit Mobil Insinerator Kepada RS Darurat Corona (Dok. BPOM)

Masyarakat, kata Penny, juga diharapkan selalu menjaga kebersihan dan sanitasi diri dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, ketika berada di dalam rumah atau menggunakan hand sanitizer jika berada di luar rumah.

Penny juga mengingatkan agar masyarakat menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, menggunakan masker jika mengalami gangguan pernapasan, dan menerapkan etika bersin dan batuk.

"Masyarakat dapat lebih cerdas dan bijak dalam menyikapi informasi yang beredar melalui berbagai media seputar COVID-19," ujar dia.

3. BPOM bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

BPOM Berikan 4 Mobil Pemusnah Limbah Medis RS Darurat Virus CoronaBadan POM Serahkan Empat Unit Mobil Insinerator Kepada RS Darurat Corona (Dok. BPOM)

Penny mengatakan penyerahan mobil insinerator merupakan bentuk kontribusi BPOM sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Kegiatan ini juga merupakan aksi nyata Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Badan Pengawas Obat dan Makanan, yang sudah ditetapkan per 21 Maret 2020.

 

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN: Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com.

https://www.youtube.com/embed/eFLpdE7HfWQ

Baca Juga: Pegawai Lima Bank Besar Ini Positif Virus Corona 

Topic:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya