Catat! Ini Titik-Titik Lokasi Rawan Macet Saat Mudik Lebaran 2022 

Sejumlah jalan masih dalam tahap perbaikan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi kemacetan akan terjadi di sejumlah titik saat arus mudik Lebaran tahun ini. Lantas, titik-titik mana saja yang rawan macet?

"Saya dengan Kakorlantas Polri sudah melakukan identifikasi. Kita amati pastinya akan terjadi (kemacetan) dari Jakarta sampai dengan Cikampek, baik yang mudik maupun yang balik," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat konferensi pers, Jumat (8/4/2022).

Baca Juga: Kemenhub: Tidak Ada Penyekatan Pemudik Lebaran Tahun Ini 

1. Ada kerusakan jalan di Pejagan

Catat! Ini Titik-Titik Lokasi Rawan Macet Saat Mudik Lebaran 2022 PEJAGAN. Exit tol Pejagan. Foto dari Twitter @NTMCLantasPolri

Budi menerangkan, titik macet tersebut berada di jalan nasional di Pejagan sampai dengan Prupuk, Jawa Tengah. Dia memperkirakan, lokasi ini macet karena ada kerusakan jalan.

"Saat ini sedang diupayakan perbaikan jalan oleh Kemen PUPR dan Pak Menteri Basuki menyampaikan, 10 hari sebelum Lebaran sudah bisa diakses," ujarnya.

2. Titik macet juga diprediksi di Merak dan pintu Tol Cikande

Catat! Ini Titik-Titik Lokasi Rawan Macet Saat Mudik Lebaran 2022 Suasana jalan saat lampu merah di Jakarta (IDN Times/Besse Fadhilah)

Budi menambahkan, lokasi rawan macet lainnya berada di jembatan roboh di Lamongan, Jawa Timur yang saat ini sudah ditangani oleh Kementerian PUPR yang memakan waktu 10 hari.

Titik macet selanjutnya ada di Merak dan Bakauheni. Selain itu, di pintu Tol Cikande juga diprediksi menjadi titik rawan macet.

"Macet lain tentunya di Merak dengan Bakauheni, dan juga kita antisipasi adalah gate tol yang di Cikande itu akan kita perhatikan, karena kondisi sekarang di KM 57 jalur A B Jakarta-Merak ini juga dalam tahap perbaikan," ungkapnya.

3. Kawasan wisata juga rawan macet

Catat! Ini Titik-Titik Lokasi Rawan Macet Saat Mudik Lebaran 2022 Ilustrasi kemacetan di jalur Puncak, Bogor. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Budi juga akan memantau kemacetan di kawasan wisata, terutama wisata alam seperti di Pengandaran, kemudian Batu Raden Purwokerto, serta Ungaran.

"Dan untuk jalan nasional biasanya yang kita amati kemacetan itu terjadi dari sekitar antara Bawen, Salatiga, sampai ke arah Kartosuro (Jawa Tengah), itu juga rawan termasuk Magelang sampai Yogya," bebernya.

4. Petugas akan standby di lokasi rawan macet

Catat! Ini Titik-Titik Lokasi Rawan Macet Saat Mudik Lebaran 2022 Petugas kesehatan dari Urkes Polres PPU saat melakukan pemeriksaan kesehatan kepada petugas jaga Pos terpadu Ops Lilin Mahakam 2019 (IDN Times/ Hmspolresppu)

Budi mengatakan, Ditjen Perhubungan Darat bersama Korlantas Polri sudah menyiapkan beberapa skema termasuk petugas.

"Jadi ada petugas yang standby di pos pelayanan yang rawan kemacetan, atau masalah lain seperti gempa dan banjir," imbuhnya.

Baca Juga: Yes! Mudik dari Jalur Bekasi ke Jawa Tidak Ada Penyekatan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya