Cinta Mega Dipecat PDIP, Masih Terima Gaji di DPRD DKI?

KPUD belum terima surat resmi PAW dari PDIP

Jakarta, IDN Times - Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Doddy Wijaya, mengatakan, secara umum anggota DPRD DKI Jakarta, Cinta Mega, masih mendapatkan hak-haknya, termasuk gaji atau tunjangan. Meski demikian, hak keuangan Cinta Mega urusan DPRD.

"Masih (dapat). Tapi kalau terkait hak keuangan DPRD gak tahu ya, bisa dicek ke sekretaris dewan, karena itu kebijakan dari partai dan pimpinan DPRD," ujar Doddy saat dihubungi IDN Times, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga: Dipecat PDIP, Cinta Mega Masih Tercatat sebagai Anggota DPRD

1. KPUD belum terima surat PAW

Cinta Mega Dipecat PDIP, Masih Terima Gaji di DPRD DKI?Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata (jaket hijau) dan anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Divisi Teknis Penyelenggaraan Dody Wijaya perkembangan tahapan pemilu di Kantor KPU DKI, Jumat (16/6/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Pemberian hak Cinta Mega karena saat ini pihaknya belum menerima surat resmi dari Pimpinan DPRD terkait Penggantian Antar Waktu (PAW) Cinta Mega.

"Belum ada surat pengajuan PAW ke KPUD, yang bersangkutan (Cinta Mega) saat ini masih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta," kata Doddy.

2. Rapat pleno KPUD digelar setelah terima surat PAW

Cinta Mega Dipecat PDIP, Masih Terima Gaji di DPRD DKI?Konferensi pers perkembangan tahapan pemilu di Kantor KPU DKI, Jumat (16/6/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Doddy menerangkan PAW diajukan fraksi anggota ke pimpinan DPRD, dan nantinya dari pimpinan DPRD akan mengajukan surat ke KPU Provinsi tentang PAW Cinta Mega.

"Kami bisa rapat pleno PAW perolehan suara berikutnya ya setelah terima surat tersebut dari pimpinan DPRD," imbuhnya.

Baca Juga: KPI Laporkan Cinta Mega ke Badan Kehormatan DPRD DKI 

3. Jabatan Cinta Mega sebagai anggota DPRD DKI tergantung proses internal partai

Cinta Mega Dipecat PDIP, Masih Terima Gaji di DPRD DKI?Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Cinta Mega (instagram.com/cinta.megaa)

Doddy mengatakan meski sudah dipecat secara lisan oleh DPD PDI Perjuangan (PDIP), lamanya jabatan anggota DPRD yang diduduki Cinta Mega ditentukan proses internal partai.

"Tergantung proses internal. Partai politik yang bersangkutan akan memerintahkan fraksi partainya untuk berkomunikasi atau bersurat ke pimpinan DPRD, baru kami terima suratnya yang bersangkutan, baru kami proses," katanya.

4. PDIP DKI pecat Cinta Mega akibat main game saat rapat

Cinta Mega Dipecat PDIP, Masih Terima Gaji di DPRD DKI?Anggota DPRD DKI Jakarta Cinta Mega diduga bermain game saat rapur/ @ndorobeiofficiak

DPD Fraksi PDIP menjatuhkan sanksi tegas kepada Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Jakarta, Cinta Mega, buntut aksinya bermain game saat rapat paripurna.

Ketua DPD PDIP DKI Jakarta, Ady Wijaya, mengatakan selain dijatuhkan sanksi berupa Pergantian Antar Waktu (PAW), otomatis Cinta Mega juga dipecat dari anggota DPRD DKI Jakarta.

"Tadi kita pleno kita beri sanksi berupa PAW. Kita sudah pecat kok. Cukup kan? Endingnya itu," ujar Ady pada media di kantor DPD PDIP Tebet, Selasa (25/7/2023).

"Dan kami tidak mencalonkan (Cinta Mega) lagi untuk 2024. Cukup tegas partai saya?" tegasnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/icJmSOJIMHY

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya