Curhatan Penumpang Laki-Laki Alami Pelecehan di Bus TransJakarta

PT TransJakarta bergerak cepat

Jakarta, IDN Times - Seorang laki-laki mengaku mengalami pelecehan seksual di dalam bus TransJakarta saat dalam perjalanan dari Pulogadung ke Dukuh Atas pada Rabu (2/11/2022).

Pengalaman tersebut dibagikan oleh seorang akun bernama Safar di media sosial. Dalam akun tersebut, Safar turut mengunggah foto wajah lelaki yang juga diduga pelaku.

"Untuk pengguna @PT_Transjakarta arah Pulogadung, hati-hati dengan orang ini. Tadi malam, dia melakukan tindakan pelecehan ke saya. Dalam kondisi bus 4D padat," kata Safar lewat cuitannya, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: TransJakarta Tabrak Pejalan Kaki Lansia hingga Tewas di Thamrin Jakpus

1. Pelaku seorang lelaki diduga colek alat vital

Curhatan Penumpang Laki-Laki Alami Pelecehan di Bus TransJakartaIlustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Rochmanudin)

Safar mengungkapkan, pelaku mencolek alat vitalnya saat dia sedang bermain handphone. Saat itu, keadaan bus juga ramai penumpang.

Pikiran korban juga seketika kosong dan bingung saat itu terjadi, perasaan jijik juga muncul hingga emosinya membuncah.

"Tiba-tiba ada perasaan jijik dan jengkel dan emosi. Saya berusaha mengolah emosi, tapi semakin lama emosi saya gak terkontrol. Saya berharap orang ini turun secepatnya," kata dia.

Baca Juga: Respons TransJakarta soal Protes Revitalisasi Halte Bundaran HI

2. Korban sempat memukul terduga pelaku

Curhatan Penumpang Laki-Laki Alami Pelecehan di Bus TransJakartailustrasi pria berkelahi (pexels.com/@keira-burton)

Dia mengaku emosi dan sempat mendaratkan pukulan ke wajah terduga pelaku. Petugas TransJakarta meminta kartu identitas pelaku, tetapi pelaku hanya meninggalkan alamat dan nomor handphone saja.

"Saya taruh HP,earphone, dan jam tangan ke tas. Sesampai di halte Pemuda Rawamangun, saya sempat tanya ke orang itu, 'Mas, turun di mana? Dia gak jawab. Hanya wajahnya mengarahkan ke TU GAS. Saya gak tanya kedua kalinya, kepalan saya sudah sampai ke wajahnya. Kacamatanya jatuh. Dia teriak. Orang-orang di bus dan halte kaget. Saya turun ke halte Pemuda Rawamangun, saya minta dia turun dan berkelahi," terangnya.

Baca Juga: Dua Pelaku Pelecehan Seksual di Bus TransJakarta Ditangkap

3. TransJakarta tangani aduan pelecehan seksual di koridor 4

Curhatan Penumpang Laki-Laki Alami Pelecehan di Bus TransJakartaIlustrasi bus Transjakarta. (Dok. Humas Transjakarta)

Adapun TransJakarta segera bergerak cepat menangani aduan pelecehan seksual yang terjadi di koridor 4 tersebut.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta, Anang Rizkani Noor, mengatakan, korban mengalami kejadian di perjalanan dan melaporkan kepada petugas di halte Rawamangun, Jakarta Timur sekitar pukul 19.32 WIB.

"Petugas TransJakarta dengan sigap mengamankan dan menginterogasi pelaku, termasuk untuk mendapatkan identitas. Korban juga dibantu untuk melaporkan kejadian ke pihak berwajib," ujar Anang.

Baca Juga: Penumpang TransJakarta Protes Antrean di Halte Mengular

4. Korban belum beringinan lapor pihak berwajib

Curhatan Penumpang Laki-Laki Alami Pelecehan di Bus TransJakartaIlustrasi membuat laporan polisi. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Anang menambahkan, TransJakarta telah menghubungi korban beberapa kali namun yang bersangkutan belum ingin melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian.

“Kami tidak menoleransi segala bentuk tindak pelecehan seksual. TransJakarta berterimakasih dan mengapresiasi para pihak yang telah melaporkan insiden pelecehan seksual untuk ditindaklanjuti. Kami mengimbau agar pelanggan selalu waspada dan berhati-hati agar terhindar dari aksi pelecehan seksual,” ucap Anang.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya