Demo Buruh di Monas, KASBI: Kami Bertahan Sampai Pemerintah Merespons

buruh menuntut UU Cipta Kerja hingga UU Kesehatan dicabut

Jakarta, IDN Times - Massa buruh masih bertahan di Patung Kuda Arjuna Wiwaha atau depan Monumen Nasional (Monas), Kamis (10/8/2023) hingga pukul 20.00 WIB. Massa enggan membubarkan diri sebelum mendapat respons dari pemerintah.

Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Unang Sunarno mengatakan, ribuan demonstran yang mendesak pencabutan UU Cipta Kerja hingga UU Kesehatan itu terdiri dari buruh, mahasiswa, dan buruh tani.

"Kami akan bertahan di sini sampai ada respon dari pemerintah terkait pencabutan Omnibus Law," ujar Unang di lokasi, Kamis (10/8/2023).

Unang menyebut, pihak keamanan telah meminta massa membubarkan diri. Namun, buruh masih ingin menyuarakan tuntutannya sampai didengar pemerintah.

"Kita lakukan aksi damai, nanti (bubar) akan koordinasi lagi semua pimpinan mau memutuskan, tetapi yang pasti kita disini sampai ada respon," tegas Unang.

Sejumlah buruh dari Gerakan Buruh Bersama Rakya (Gebrak) bersama massa dari Aliansi Aksi Sejuta Buruh, mahasiswa, dan buruh tani, menggelar demonstrasi di depan Monumen Nasional (Monas). Mereka mendesak pemerintah mencabut UU Cipta Kerja, UU Kesehatan, UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK), dan mewujudkan jaminan sosial semesta sepanjang hayat.

Baca Juga: Presiden Serikat Buruh: Ganjar Pranowo Ikut Aksi Hari Buruh Besok

Baca Juga: Demo Memanas, Ribuan Buruh Bakar Kayu di Depan Monas

Baca Juga: Ribuan Buruh Geruduk Balai Kota, Ingatkan Heru soal UMR 2024

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya